JIBIPhoto
Dua mahasiswa berperstasi FH UNS, Diah Rahma Kusumaningrum (kanan) dan Thomas Sudarso (kiri). (Istimewa/Humas UNS Solo)

PRESTASI MAHASISWA
FH UNS Solo Juarai INC 2017 dan Maju ke International Round di Inggris

Prestasi mahasiswa UNS Solo menjadi juara kompetisi negosiasi.

Solopos.com, SOLO — Dua mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (FH UNS) Solo menjuarai putaran nasional kompetisi negosiasi internasional, International Negotiation Competition (INC) 2017, yang dilaksanakan di FH Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja, Senin-Rabu (20-22/11/2017).

Delegasi yang beranggotakan mahasiswa Angkatan 2015, Diah Rahma Kusumaningrum dan Thomas Sudarso, selanjutnya mewakili Indonesia pada putaran internasional (International Round) INC 2018 di University of Cardiff, Wales, United Kingdom atau Inggris. Kompetisi tersebut dijadwalkan pada pertengahan tahun depan.

INC adalah kompetisi mahasiswa hukum sejak 1998 yang digelar Komite Eksekutif INC. Tim peserta terdiri atas dua mahasiswa hukum yang mewakili sebuah partai atau klien, menegosiasikan transaksi internasional atau penyelesaian perselisihan internasional dengan tim lawan. Panel juri terdiri atas pengacara, pebisnis, dan profesor terkemuka dari negara-negara peserta.

Kompetisi berskala internasional itu memiliki tim-tim yang berpartisipasi secara reguler di antaranya dari Australia, Kanada, Denmark, Inggris dan Wales, Jerman, India, Irlandia, Jepang, Selandia Baru, Irlandia Utara, Puerto Riko, Rusia, Skotlandia, Singapura, Korea Selatan, Swiss, dan Amerika Serikat.

Diwawancarai wartawan di Kampus UNS Solo, Jumat (24/11/2017), Diah Rahma Kusumaningrum, mengemukakan, mendapatkan pengalaman tersendiri selama mengikuti kompetisi tersebut.

“Pengalaman yang didapat di antaranya saya mendapatkan pengetahuan lebih mengenai ADR, apalagi ketika kompetisi yang menjadi juri memang para praktisi yang ahli di bidangnya. Sebagai mahasiswa hukum yang biasanya cenderung condong ke arah litigasi atau pengadilan, saya juga jadi lebih mengerti tentang praktik dan cara-cara menangani sengketa melalui jalur nonlitigasi yang tentunya lebih efektif dalam menyelesaikan perselisihan dibandingkan dengan apabila harus melulu menyelesaikan masalah melalui pengadilan”, ungkap Diah.

Selain INC, juga terdapat kompetisi konsultasi klien internasional atau International Client Consultant Competition (ICCC).
FH UNS juga mengirimkan satu Tim ICCC. Putaran nasional untuk INC diikuti 4 tim yakni tim A, B, C, D, sedangkan untuk kompetisi ICCC terdapat 3 tim yakni tim X, Y dan Z. Sayangnya untuk kategori ICCC, delegasi FH UNS belum berhasil.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

Pengamat Politik Sebut Pilkada Karanganyar 2018 Sudah Selesai

JIBIPhoto

Pertemuan dengan PT RUM dan Forkopinda Sukoharjo Tak Berbuah Solusi, Warga Nguter Kecewa

JIBIPhoto

Selama 4 Bulan, Mahasiswa asal Belanda Blusukan di Solo Pelajari Masalah Banjir

JIBIPhoto

GAGASAN
Metrik Olahraga

JIBIPhoto

UNY Kirim Sembilan Mahasiswa Berprestasi ke Filipina

JIBIPhoto

Atasi Bau, Gas Buang Pabrik PT RUM Sukoharjo bakal Dimonitor CEM

JIBIPhoto

Hasil Uji Laboratorium Sampel Udara Sekitar PT RUM Bikin Warga Nguter Sukoharjo Kecewa