News
Jumat, 24 November 2017 - 14:15 WIB

PRESTASI MAHASISWA : FH UNS Solo Juarai INC 2017 dan Maju ke International Round di Inggris

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua mahasiswa berperstasi FH UNS, Diah Rahma Kusumaningrum (kanan) dan Thomas Sudarso (kiri). (Istimewa/Humas UNS Solo)

Prestasi mahasiswa UNS Solo menjadi juara kompetisi negosiasi.

Solopos.com, SOLO — Dua mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (FH UNS) Solo menjuarai putaran nasional kompetisi negosiasi internasional, International Negotiation Competition (INC) 2017, yang dilaksanakan di FH Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja, Senin-Rabu (20-22/11/2017).

Advertisement

Delegasi yang beranggotakan mahasiswa Angkatan 2015, Diah Rahma Kusumaningrum dan Thomas Sudarso, selanjutnya mewakili Indonesia pada putaran internasional (International Round) INC 2018 di University of Cardiff, Wales, United Kingdom atau Inggris. Kompetisi tersebut dijadwalkan pada pertengahan tahun depan.

INC adalah kompetisi mahasiswa hukum sejak 1998 yang digelar Komite Eksekutif INC. Tim peserta terdiri atas dua mahasiswa hukum yang mewakili sebuah partai atau klien, menegosiasikan transaksi internasional atau penyelesaian perselisihan internasional dengan tim lawan. Panel juri terdiri atas pengacara, pebisnis, dan profesor terkemuka dari negara-negara peserta.

Kompetisi berskala internasional itu memiliki tim-tim yang berpartisipasi secara reguler di antaranya dari Australia, Kanada, Denmark, Inggris dan Wales, Jerman, India, Irlandia, Jepang, Selandia Baru, Irlandia Utara, Puerto Riko, Rusia, Skotlandia, Singapura, Korea Selatan, Swiss, dan Amerika Serikat.

Advertisement

Diwawancarai wartawan di Kampus UNS Solo, Jumat (24/11/2017), Diah Rahma Kusumaningrum, mengemukakan, mendapatkan pengalaman tersendiri selama mengikuti kompetisi tersebut.

“Pengalaman yang didapat di antaranya saya mendapatkan pengetahuan lebih mengenai ADR, apalagi ketika kompetisi yang menjadi juri memang para praktisi yang ahli di bidangnya. Sebagai mahasiswa hukum yang biasanya cenderung condong ke arah litigasi atau pengadilan, saya juga jadi lebih mengerti tentang praktik dan cara-cara menangani sengketa melalui jalur nonlitigasi yang tentunya lebih efektif dalam menyelesaikan perselisihan dibandingkan dengan apabila harus melulu menyelesaikan masalah melalui pengadilan”, ungkap Diah.

Selain INC, juga terdapat kompetisi konsultasi klien internasional atau International Client Consultant Competition (ICCC).
FH UNS juga mengirimkan satu Tim ICCC. Putaran nasional untuk INC diikuti 4 tim yakni tim A, B, C, D, sedangkan untuk kompetisi ICCC terdapat 3 tim yakni tim X, Y dan Z. Sayangnya untuk kategori ICCC, delegasi FH UNS belum berhasil.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif