Jogja
Kamis, 16 November 2017 - 19:55 WIB

Difabel di Bantul Tak Perlu ke Disdukcapil untuk Mengurus Administrasi Kependudukan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Bantul Suharsono berfoto dengan salah satu penyandang difabel yang mengurus adminstrasi kependudukan di mobil keliling pelayanan Disdukcapil di balai desa Sumberagung, Jetis, Rabu (15/11/2017). (Foto istimewa/dokumen)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul luncurkan mobil keliling pelayanan administrasi kependudukan

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul luncurkan mobil keliling pelayanan administrasi kependudukan, di balai desa Sumberagung, Jetis, Rabu (15/11/2017).

Advertisement

Bupati Bantul, Suharsono dalam peluncuruan itu mengatakan adanya mobil layanan keliling tersebut menurutnya sangat membantu masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan.

“Terutama untuk lansia dan difabel, ini sangat membantu,” ujarnya.

Mobil pelayanan adminstrasi kependudukan yang diluncurkan tersebut selain untuk melayani E-KTP juga bisa melayani akta kelahiran, surat kematian, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identias Anak (KIA).

Advertisement

Pada tahun ini baru satu mobil yang diluncurkan namun sekiranya terlihat membantu, mobil pelayanan itu akan ditambah menurut Suharsono. Dia juga berharap agar mobil pelayanan itu sesuai target sasaran. “Kalau yang masih  muda saya harapkan langsung ke Disdukcapil mengurus surat tersebut,” katanya.

Untuk mengoptimalkan fungsi tersebut juga sudah diperintahkan kepada  semua lurah desa untuk melakukan pendataan terhadap lansia dan juga difabel di desa masing-masing. Dari temuan itu akan dipetakan bantuan apa yang sekiranya dibutuhkan.

Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi menambahkan, nantinya mobil tersebut akan berkeliling ke semua wilayah yang ada di Kabupaten Bantul.

Advertisement

“Akan dibuatkan jadwalnya sehingga masyarakat utamanya kaum Lansia dan Difabel bisa lebih mudah mengakses layanan Disdukcapil,” ujar Bambang.

Salah satu warga, Jumari yang mencoba mobil pelayanan tersebut mengaku sangat terbantu. “Anak saya penderita difabel berat, dengan adanya mobil keliling pelayanan ini, saya merasa sangat terbantu,” ujarnya.

Adanya mobil layanan tersebut dirinya merasa tidak perlu antri lama dan jauh-jauh datang ke Kantor Disdukcapil.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif