Sport
Minggu, 12 November 2017 - 10:25 WIB

PEPARPENAS 2017 : 9 Rekor Pecah Dalam Sehari di Cabor Renang

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Peparpenas 2017 memainkan cabor renang.

Solopos.com, SOLO — Potensi menjanjikan ditunjukkan sejumlah atlet cabang olahraga (cabor) renang dalam Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII 2017 di Kolam Renang Tirtomoyo, Sabtu (11/11/2017). Baru sehari penyelenggaraan, sembilan rekor Peparpenas pecah di tangan sembilan atlet. Lima di antaranya adalah penajaman waktu dari rekor pribadi.

Advertisement

Atlet dari Papua, Anna Permata Mimitauw, bisa dibilang menjadi pemecah rekor paling fantastis karena mampu meruntuhkan catatan waktu terbaik yang telah bertahan selama delapan tahun.

Di nomor 50 meter gaya dada tuna netra putri, Anna meraih emas dengan catatan waktu 53,54 detik. Rekor sebelumnya dipegang atlet Kalimantan Selatan yakni Nur Hanisah dengan waktu 57,37 detik pada Peparpenas 2009.

Prestasi tak kalah gemilang diraih Mutiara Cantik asal Jawa Timur. Atlet 13 tahun ini meraih juara nomor 100 meter gaya bebas tuna daksa putri dengan catatan waktu 1 menit 21,94 detik. Torehan tersebut lebih tajam 16 detik dibanding rekor Peparpenas sebelumnya.

Advertisement

Atlet difabel asal Jawa Tengah, Erika Kurniasari, juga sukses memecahkan rekornya sendiri di ajang tahun ini. Di nomor 100 meter gaya bebas tuna netra putri, Erika menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 1 menit 42,55 detik atau lebih cepat 8,69 detik dari rekor yang dia bikin di tahun 2015.

Penajaman rekor pribadi juga dicatat Syuci Indrani (Riau) di nomor 100 meter gaya bebas tuna grahita putri, Lince Suebu (Papua) di nomor 50 meter gaya dada tuna grahita putri dan Inggita Prameswari (Jawa Timur) di nomor 50 meter gaya dada tuna rungu putri. Ketua Peparpenas 2017, Bayu Rahardian, mengapresiasi prestasi para atlet renang difabel di ajang kali ini.

Menurut Bayu, pecahnya sederet rekor menunjukkan ada kemajuan dalam pengembangan kapasitas para atlet. “Hal inilah [pecah rekor] yang kami harapkan, sehingga Peparpenas benar-benar menjadi ajang yang puna kontribusi nyata dalam pengembangan olahraga nasional,” ujarnya kepada Solopos.com.

Advertisement

Technical delegate cabor renang Peparpenas 2017, Dimin, meyakini rekor baru akan terus bermunculan karena masih ada 36 nomor yang baru dipertandingkan Minggu-Senin (12-13/11). “Saya lihat memang ada banyak kemajuan atlet di hari pertama. Saya yakin tren memecahkan rekor akan terus ada hingga hari terakhir,” tuturnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif