Sport
Jumat, 3 November 2017 - 01:25 WIB

Pecatur Jerman Ramaikan Kejuaraan di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BERMAIN CATUR

Kejuaraan Catur digelar di Kota Solo.

Solopos.com, SOLO — Pecatur asal Jerman, Yan Porspman, dijadwalkan ambil bagian dalam Kejuaraan Catur Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) Open 2017 yang akan di gelar di GOR PMS pada Minggu (5/11/2017). Yan Porspman akan bertanding di kategori dewasa.

Advertisement

“Yan Porspan bukan seorang master. Kejuaraan ini tidak mempertandingkan kategori master. Dia hanya warga negara Jerman yang tertarik meramaikan kejuaraan catur ini,” jelas Ketua Panitia PMS Open 2017, Stefanus Suseno Sanjoyo, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (2/11/2017).

Suseno menjelaskan hingga kini sudah ada 150 pendaftar kejuaraan ini. Jumlah itu masih jauh dari target yakni 240 orang yang terbagi 80 pecatur SD, 60 pecatur SMP dan 100 pecatur dewasa. Para pendaftar kejuaraan catur ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Soloraya, Semarang, Kediri, Bali dan lain-lain.

“Rencana awal, pendaftaran kami tutup pada H-1. Namun, kami berencana membuka pendaftaran hingga hari H. Sebab, kami sadar mencari bibit pecatur itu sangat sulit. Kalau masih ada yang minat daftar pada hari H ya akan kami terima,” ujarnya.

Advertisement

Suseno menyayangkan rendahnya perhatian pemerintah dalam hal pembibitan pecatur khususnya untuk usia SD dan SMP. Hal itu berdampak pada rendahnya prestasi catur di kejuaraan internasional.

“Saya sendiri itu adalah guru SD dan SMP. Selama ini tidak ada kejuaraan catur setingkat SD maupun SMP yang difasilitasi pemerintah. Saya kasihan dengan anak-anak yang punya bakat sebagai pecatur, tapi tidak pernah mengikuti kejuaraan. Bakat mereka menjadi tidak terasah. Mudah-mudahan PMS bisa konsisten dalam menyelenggarakan kejuaraan catur sebagai pembinaan pecatur muda berbakat,” paparnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif