Jogja
Selasa, 24 Oktober 2017 - 18:55 WIB

Puncak HUT Koharmatau Digelar di Jogja, Ada Aksi Teatrikal Memperbaiki Chureng

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga dan Komandan Koharmatau, Marsekal Muda TNI I. Tryandono, Selasa (25/10/2017). (Santi Afdilah/Harian Jogja).

Puncak peringatan hari ulang tahun Komando Pemeliharaan Materiel TNI AU (Koharmatau) dipusatkan di Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Yogyakarta

Harianjogja.com, SLEMAN- Puncak peringatan hari ulang tahun Komando Pemeliharaan Materiel TNI AU (Koharmatau) dipusatkan di Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Yogyakarta. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan sejarah terbentuknya Koharmatau berawal di Lapangan Udara Maguwo, Jogja pada tanggal 26 Oktober 1945 yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahir Koharmatau.

Advertisement

Komandan Koharmatau, Marsekal Muda TNI I. Tryandono mengungkapkan puncak kegiatan pada Kamis (26/10/2017) nantinya digelar beragam, yakni upacara dan ditampilkan pula tarian kolosal, dan teatrikal yang menggambarkan kegiatan bantuan pemeliharaan lapangan yang dilakukan Basir Soerya yaitu memperbaiki pesawat Chureng peninggalan Jepang.

“Acara kegiatan HUT Koharmatau tahun ini memang sengaja diadakan di Jogja, mengingat Jogja merupakan tempat terbentuknya Koharmatau pertama kali,” tuturnya dalam kegiatan temu wartawan di Lanud Adisutjipto Jogja, Selasa (25/10/2017).

Komando Pemeliharaan Materiel TNI AU atau yang biasa disingkat (Koharmatau) merupakan Komando Utama Fungsional TNI AU yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Advertisement

Di usianya yang telah menginjak 54 tahun ini, Koharmatau akan mengadakan kegiatan peringatan hari ulang tahun dengan mengangkat tema Dilandasi Semangat Sewana Karya Buddhi Sakti, dan jiwa ksatria, militan, loyal, profesional, Koharmatau siap melaksanakan pemeliharaan alutsista guna mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

Koharmatau sendiri memiliki fungsi penting di dalam TNI AU, yaitu bertugas melaksanakan pemeliharaan dan produksi materiel TNI AU serta menyelenggarakan pembinaan peralatan bengkel, peralatan produksi, dan publikasi teknik, yang berpusat di Pangkalan Udara Husein Sastranegara, Bandung. Saat ini Koharmatau sendiri dipimpin oleh Marsekal Muda TNI I. Tryandono.

Berbagai kegiatan acara dilaksanakan dalam peringatan HUT Ke-54 Koharmatau ini diantaranya, kegiatan pekan olahraga Koharmatau yang diselenggarakan pada tanggal 25 -29 September 2017 di Mako Koharmatau Bandung.

Advertisement

Kegiatan selanjutnya adalah kunjungan dan pemberian bantuan beberapa perangkat komputer kepada lembaga pendidikan Non-Formal Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Masyarakat Bina Bangsa Berkarakter pada tanggal 30 September, serta pemberian santunan ke Panti Asuhan Bayi Sehat Muhamadiyah Bandung.

Selanjutnya, digelar Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Cikutra pada tanggal 20 Oktober kemarin.

Sebagai puncak acara akan diadakan kegiatan Sambung Rasa dan Upacara Peringatan, yang masing-masing akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober dan 26 Oktober 2017.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif