Lifestyle
Sabtu, 21 Oktober 2017 - 00:10 WIB

TIPS KECANTIKAN : Cegah Penuaan Dini Menurut Dokter Spesialis Kulit

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi cantik tanpa makeup (Times of India)

Tips kecantikan diberikan dari dokter spesialis kulit untuk mencegah penuaan dini.

Solopos.com, SOLO – Penuaan merupakan proses alamiah. Namun, jika kulit tubuh tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya tentunya patut dihindari. Spesialis kulit, dr Fitria Amalia, SpKK, M.Kes mengatakan perlakuan yang benar pada kulit menjadi salah satu cara mencegah penuaan dini.

Advertisement

“Hindari penggunaan sabun yang membuat kulit kering, gunakan moisturizer untuk melembabkan, rajin membersihkan kulit, mengaplikasikan UV protection,” ujar dia di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Selain itu, terapkan gaya hidup sehat misalnya menghindari makanan berpengawet, mengandung pewarna, menghindari kebiasaan merokok dan minum cukup air sehingga tubuh terhidrasi secara baik.

“Minum untuk hidrasi yang cukup, kurang hidrasi kulit bisa kusam, lalu olahraga ringan teratur dan terus menerus dan konsumsi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh,” papar Amel seperti dikabarkan Antara.

Advertisement

Selain itu, mengonsumsi makanan mengandung kolagen juga bisa membantu mencegah penuaan dini. Zat ini bisa kita temukan di berbagai makanan antara lain putih telur, daging, keju, kacang-kacangan, blueberry, stroberi, jeruk, brokoli, ikan, kubis, labu, wortel, dan tomat.

“Kebutuhan kolagen harian untuk yang berusia di atas 20 tahun umumnya adalah 1000-5000 mg. Sangat penting untuk mengonsumsi kolagen alami seperti ikan, sayuran dan buah dengan kandungan vitamin C. Sebagai alternatif, suplemen kolagen juga dapat bermanfaat meningkatkan kualitas kulit, sehingga terlihat cerah dan awet muda,” papar Amel.

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang berfungsi melindungi kulit agar tetap kenyal dan kencang. Di samping itu, zat ini juga membantu dalam pembentukan tulang, persendian, rambut, gigi, dan otot.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif