News
Sabtu, 21 Oktober 2017 - 14:15 WIB

Gunung Agung Bali Masih Awas Meski Aktivitas Gempa Menurun

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siluet Gunung Agung di Bali terlihat dari pinggiran pantai Ampenan, Mataram, NTB, Kamis (21/9/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Ahmad Subaidi)

Status Gunung Agung di Bali masih Awas.

Solopos.com, BALI — Status Gunung Agung di Bali masih Awas atau level IV kendati data kegempaan atau seismik di gunung itu menurun. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan aktivitas vulkanis Gunung Agung masih tinggi.

Advertisement

“Jika seismik turun secara sesaat tetapi data lain tidak mendukung, itu [penurunan status] juga tidak bisa dilakukan,” kata Kepala PVMBG Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Sabtu (21/10/2017).

Kasbani menjelaskan penurunan aktivitas kegempaan sesaat tersebut justru harus diwaspadai berkaca dari pengalaman Gunung Merapi di Yogyakarta yang meletus tahun 2006 ketika aktivitas gempa saat itu menurun.

Advertisement

Kasbani menjelaskan penurunan aktivitas kegempaan sesaat tersebut justru harus diwaspadai berkaca dari pengalaman Gunung Merapi di Yogyakarta yang meletus tahun 2006 ketika aktivitas gempa saat itu menurun.

Begitu juga Gunung Sinabung di Sumatra Utara yang meletus tahun 2013 ketika masuk level III atau saat level siaga.

Dia menambahkan status gunung api ditetapkan melalui analisis komprehensif dari berbagai metode, tidak hanya menyimpulkan satu parameter melainkan juga meliputi seismik atau kegempaan, deformasi atau perubahan tubuh gunung, geokimia atau adanya gas berbahaya hingga penginderaan jauh satelit.

Advertisement

“Walaupun menurun tetapi itu masih tergolong tinggi, ” imbuh Kasbani yang didampingi Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi Gede Suantika dan Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana.

Dia menyebutkan data lain masih menunjukkan aktivitas vulkanik tinggi yang masih sama dan konsisten baik diamati secara visual maupun melalui instrumen.

Secara visual, lanjut dia, ada peningkatan signifikan pada permukaan gunungapi itu dengan adanya hembusan asap mengandung uap air dan emisi gas yang semakin signifikan dengan ketinggian 100-500 meter di atas puncak.

Advertisement

Selain itu, lanjut Kasbani, dari hasil satelit juga terlihat aktivitas tinggi dengan terbentuknya area panas baru di permukaan kawah bagian timurlaut maupun di tengah kawah. Area panas itu mengalami perluasan yang signifikan pada periode level awas ini berupa rekahan-rekahan yang menyemburkan gas dan asap.

Citra satelit juga mengamati adanya air yang keluar secara terus menerus di permukaan kawah yang mengindikasikan adanya gangguan hidrologis di dalam tubuh gunung akibat pergerakan magma yang banyak.

Kasbani juga menyebutkan berdasarkan data dari sembilan stasiun seismik di sekitar Gunung Agung, yang menganalisa rekahan di bawah gunung mengindikasikan adanya jalur pergerakan fluida yang sudah terbentuk.

Advertisement

Sementara itu berdasarkan analisa instrumental terjadi perubahan bentuk gunung atau deformasi, mengindikasikan hal yang sama dan konsisten yakni adanya desakan magma dari bawah yang cukup besar.

Hasil analisa terbaru dari citra satelit inSAR mengkonfirmasi hasil pengukuran GPS maupun Tiltmeter yang menunjukkan bahwa periode September-Oktober 2017 telah terjadi penggembungan atau inflasi di area puncak dengan peningkatan mencapai enam centimeter berdasarkan rekaman stasiun GPS di Pegubengan dan Cegi.

“Untuk ukuran gunung, ini ukuran yang cukup besar, ” ucap Kasbani.

Sedangkan untuk hasil pengukuran gas gunungapi itu pada jarak 12 dan 3,5 kilometer dari puncak tidak terdeteksi adanya kadar solfatara atau SO2 yang tinggi. Meski demikian hal itu tidak mengindikasikan sebagai rendahnya aktivitas magmatik.

Menurut Kasbani, kemungkinan konsentrasi gas berada di bawah batas kemampuan peralatan untuk mendeteksi pada jarak sejauh itu atau berinteraksi dan larut dalam air.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif