News
Kamis, 19 Oktober 2017 - 21:20 WIB

Unriyo Lantik 865 Wisudawan

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelaksanaan wisuda sarjana dan diploma Unriyo di JEC, Bantul, Kamis (19/10/2017). (Harian Jogja/Sunartono)

Pencapaian tingkat kelulusan uji kompetensi nasional kebidanan mencapai lebih dari 95% dengan rata-rata nasional 94%

Harianjogja.com, BANTUL-Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) mewisuda 865 orang yang telah menyelesaikan studi S1 dan Diploma di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Kamis (19/10/2017).

Advertisement

Para wisudawan terdiri atas 511 lulusan S1 dan 354 program diploma dari 14 fakuktas. Dari jumlah itu, wisudawan berpredikat cumlaude tercatat 131 orang. Adapun wisudawan dengan IPK tertinggi 3,97 diraih Eviana Maya Saputri dari D3 Kebidanan.

Rektor Unriyo Profesor Santoso menjelaskan, wisuda kali ini merupakan ke-17 kalinya dan berada di periode kedua pada 2017. Pencapaian tingkat kelulusan uji kompetensi nasional kebidanan mencapai lebih dari 95% dengan rata-rata nasional 94%.

Selain itu, untuk uji kompetensi Ners rata-rata kelulusan mencapai lebih dari 80% dengan rata-rata nasional 50%. “Dari 14 prodi, ada 13 prodi yang terakreditasi B, prodi S1 ilmu gizi melaksanakan reakreditasi dan sudah divisitasi oleh LAM-PTkes pasa 18 hingga 19 September 2017. Kami juga sudah menambah satu prodis baru yaitu D3 fisioterapi dan sudah menerima mahasiswa tahun ini,” terang dia, Kamis (19/10/2017).

Advertisement

Ia mengungkapkan, tingkat keterserapan alumni di bawah enam bulan dan secara rutin beberapa rumah sakit besar di Indonesia merekrut lulusan Unriyo. Seperti RS Awak Bross, RS Siloam, RS Ciputra, RS Mayapada hingga sejumlah RS di Timur Tengah melalui kerja sama elite international recruitment.

Namun, tidak sedikit lulusan yang kembali ke almamaternya sebagai tenaga dosen dan diberikan kesempatan melanjutkan studi melalui beasiswa. “Mereka juga menjadi dosen di beberapa lembaga milik Yayasan Respati, seperti Universitas Respati Indonesia Jakarta, Stikes Respari Tasikmalaya dan Akademi Kebidanan Sumedang,” kata dia.

Pihaknya tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan fasilitas perkuliahan dan pengembangan SDM dosen. Saat ini telah memiliki fasilitas unggulan adanya Laboratorium computer based test (CBT) yang sudah tersertifikasi LPUK sehingga menjadi tuan rumah uji kompetensi mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi wilayah DIY, Jawa Tengah. Tak hanya itu, pelaksanaan ujian tengah dan akhir semester juga dilaksanakan melalui CBT.

Advertisement

Agus Qomaruddin Munir Ketua Panitia Wisuda Unriyo menambahkan, ratusan keluarga wisudawan turut hadir yang mereka berasal dari Sabang sampai Merauke.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif