Soloraya
Kamis, 19 Oktober 2017 - 16:15 WIB

Tak Perlu Bolak-Balik, Mendaftar Haji di Kemenag Solo Cukup 5 Menit

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencukur rambut setelah haji (Kemenag.go.id)

Pendaftaran haji di Kota Solo kini dalam satu atap.

Solopos.com, SOLO – Pelayanan Haji Terpadu Satu Atap di Kantor Kemenag Solo Jl. Ki Mangun Sarkoro 115, Sumber, Banjarsari, Kota Solo, diresmikan Kamis (19/10/2017) pagi. Penyediaan Pelayanan Haji Terpadu Satu Atap menjadi upaya Kemenag dalam memperbaiki pelayanan pendaftaran haji.

Advertisement

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Fahrani, mengatakan masyarakat Kota Bengawan kini tidak perlu lagi bolak-balik ke bank dan ke Kantor Kemenag Solo saat akan mendaftar haji.

Petugas perwakilan bank penerima setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) mulai Kamis ini membuka pelayanan di Ruang Pelayanan Haji Terpadu Satu Atap di Kantor Kemenag Solo.

“Kalau kemarin masyarakat harus wira-wiri bank dan kantor Kemenag untuk mendaftar haji. Kadang tidak selesai dalam sehari. Tapi kalau sekarang, masyarakat dipastikan dalam hitungan lima menit bisa langsung kondur saat mendaftar haji. Masyarakat hanya tinggal datang ke Kantor Kemenag,” kata Fahrani saat Peresmian Pelayanan Haji Terpadu Satu Atap di Kantor Kemenag Solo, Kamis.

Advertisement

Kepala Kantor Kemenag Solo, Muslim Umar, mengatakan ketersediaan Pelayanan Haji Terpadu Satu Atap menguntungkan masyarakat karena mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya dan tenaga ekstra untuk bolak balik bank mengurus pendaftaran haji.

“Prosedur pendaftaran haji masih sama karena SOP sudah permanen. Hanya masyarakat kini semakin dipermudah dengan adanya Pelayanan Haji Terpadu. Yang membuat lama pendaftaran haji dulu dulu karena jarak antara kantor dan bank relatif jauh. Masyarakat juga tidak semunya tahu lokasi BPS BPIH,” jelas Muslim.

Dia memastikan Pelayanan Haji Terpadu Satu Atap bisa diakses masyarakat mulai Kamis ini.

Advertisement

Jadwal Pelayanan BPS BPIH di Kantor Kemenag Solo:
Senin: Bank Syariah Mandiri dan Bank Niaga
Selasa: Bank Mega Syariah dan Bank Muamalat
Rabu: BTN Syariah
Kamis: BNI Syariah dan Bank Panin
Jumat: BRI Syariah dan BPD Syariah

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif