News
Kamis, 19 Oktober 2017 - 20:00 WIB

Naik Tipis, Tahun Depan Tarif Cukai Rokok 10,04%

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rokok (JIBI/Solopos/Antara)

Pemerintah menetapkan tarif cukai rokok sebesar 10,04% tahun depan.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah menetapkan tarif cukai tembakau atau rokok rata-rata sebesar 10,04% untuk tahun anggaran 2018 mendatang. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan penentuan besaran tarif cukai rokok sebesar 10,04 persen merupakan rata-rata tarif.

Advertisement

Artinya ada perbedaan kenaikan tarif cukai antara yang masuk kelompok Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan Sigaret Kretek Mesin (SKM). Di samping itu, penetapan tarif cukai rokok tersebut juga menimbang permintaan asosiasi dan LSM, di mana asosiasi meminta agar tarif cukai rokok diturunkan sedangkan LSM meminta agar pemerintah menaikkan tarif cukai rokok.

“Memang kenaikannya tidak besar, cuma 10,04%, dia [rokok] kan ada 12 golongan, sehingga rata-ratanya [tarifnya] itu. Berarti ada yang di atas [tarif], ada yang di bawah. Ya itu juga [berdasarkan] dari perhitungan APBN nya,” kata Darmin di kantornya, Kamis (19/10/2017).

Keputusan pemerintah untuk menaikkan tarif cukai rokok, seperti yang diketahui, sebagai upaya untuk mengendalikan konsumsi rokok. Oleh karena itu, selain menaikkan tarif cukai, pemerintah pun berencana untuk mengkonversi penanaman tembakau menjadi tanaman lain.

Advertisement

Dalam kesempatan itu, Darmin juga mengatakan adanya usulan atau plan B untuk mengendalikan konsumsi rokok dengan mengkonversi penanaman tembakau ke tanaman lainnya.

“Ya artinya, Presiden minta supaya mulai dipikirkan, [dari sisi] petaninya sendiri harus disiapkan, dibuatkan konsep supaya mereka secara bertahap mulai mengganti [dari menanam tembakau] ke tanaman yang lain,” katanya.

Artinya, Pemerintah mulai berencana untuk mengevaluasi kebijakan terkait tembakau atau rokok.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Cukai Rokok Harga Rokok
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif