Sport
Kamis, 19 Oktober 2017 - 23:25 WIB

LIGA CHAMPIONS : Blunder Svilar Tuai Banyak Komentar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mile Svilar (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Liga Champons diwarnai dengan blunder kiper muda Mile Svilar.

Solopos.com, LISBON – Ada satu nama asing di starting line up Benfica ketika mereka menjamu Manchester United (MU) dalam fase grup Liga Champions di Estadio do Sport Lisboa, Kamis (19/10/2017) dini hari WIB. Posisi kiper yang biasa diisi kiper veteran, Julio Cesar, digantikan Mile Svilar. Yang mengejutkan, kiper berusia 18 tahun ini bahkan belum pernah bermain di Liga Portugal sebelumnya.

Advertisement

Pilihan berisiko Pelatih Benfica, Rui Vitoria, itu awalnya menuai apresiasi di satu jam awal laga. Svilar beberapa kali menggagalkan peluang Romelu Lukaku dkk. Namun petaka terjadi di menit ke-64 ketika MU mendapat tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Benfica.

Tembakan yang dilesakkan Marcus Rashford sebenarnya berhasil ditangkap oleh Svilar. Sayang kiper asal Belgia itu melakukan blunder fatal dengan mundur beberapa langkah setelah menangkap bola. Alhasil si kulit bundar melewati garis gawang dan dinyatakan menjadi gol. Tembakan itu pun menjadi satu-satunya gol yang terjadi di laga tersebut.

Keputusan memainkan Svilar akhirnya berubah menjadi kritik pedas. Legenda Liverpool, Steven Gerrard, menyebut Benfica harus membayar mahal karena memainkan kiper nihil pengalaman. Merujuk statistik, Svilar bahkan menjadi kiper termuda yang bermain di Liga Champions (18 tahun 1 bulan 22 hari), melewati rekor legenda Real Madrid, Iker Casillas (18 tahun 3 bulan 26 hari).

Advertisement

“Saya tak habis pikir dengan apa yang manajer mereka lakukan. Betul dia kiper yang bertalenta, tapi dia jauh dari kata siap untuk bermain di Liga Champions,” cerocos Gerrard dilansir BT Sport, Kamis.

Keberadaan Svilar di skuat Benfica ternyata sudah dibidik United sejak awal laga. Di ruang ganti, pelatih MU, Jose Mourinho, menginstruksikan anak asuhnya banyak menembak dan melepas umpan silang di depan Svilar untuk memecah kebuntuan.

Hal itu diungkapkan gelandang United, Nemanja Matic. “Itu karena dia masih muda dan baru memainkan pertandingan pertamanya. Inilah sepak bola, saya mengharap yang terbaiknya untuknya di masa mendatang,” ujar Matic seperti dilansir Express.

Advertisement

Mourinho pun gatal menanggapi debut Svilar melawan timnya. Pelatih asal Portugal itu meramal Svilar akan menjadi kiper berbanderol mahal di masa depan. “Hanya kiper hebat yang kemasukan gol seperti itu. Benfica sebaiknya menyiapkan koper besar karena seseorang akan membayar begitu mahal untuknya,” kata dia.

Svilar sendiri mengaku tak terpengaruh dengan blunder yang dia lakukan. “Ini bagian dari pertumbuhan,” ujarnya dilansir UEFA.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif