Sport
Kamis, 19 Oktober 2017 - 21:25 WIB

LIGA 2 : Persis Krisis Pemain, Soni Setiawan Disiapkan Jadi Bek Tengah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Persis Solo merayakan gol (JIBI/Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Liga 2 diwarnai dengan Persis Solo yang diterpa krisis pemain.

Solopos.com, KARANGANYAR — Persis Solo benar-benar mengalami krisis pemain, khususnya di lini pertahanan. Setelah dipastikan kehilangan Asyraq Ghufron dan Hendri Aprilianto, kabar kurang mengenakkan datang dari stopper andalan, Ikhwan Ciptady, yang mengalami cedera tumit. Praktis, hanya Anam Syahrul yang benar-benar dalam kondisi siap tempur jelang babak delapan besar Liga 2.

Advertisement

Dalam laga uji coba melawan PS Pemda Solo di Lapangan Gedongan, Colomadu, Karanganyar, Kamis (19/10/2017), Ikhwan Ciptady diistirahatkan oleh pelatih Freddy Mulli. Sebagai ganti, Freddy mencoba menempatkan Soni Setiawan di bek tengah yang berpasangan dengan Anam Syahrul. Padahal, Soni selama ini menjadi penghuni tetap di sektor bek kiri.

“Soni saya coba jadikan centre back karena kita sudah kehilangan Ghufron dan Hendri. Tapi, kita ingin lihat dulu cara main dia seperti apa jika diposisikan sebagai centre back,” papar pelatih yang akrab disapa Opa Freddy itu.

Dalam laga uji coba yang berlangsung 2×30 menit itu, Persis Solo menang 1-0 atas PS Pemda. Gol itu dicetak Rudiyana pada pertengahan babak kedua. Meski terus menerus mengurung lini pertahanan PS Pemda, penyelesaian akhir dari Joko Prayitno dkk. masih buruk.

Advertisement

Finishing itu tak bisa dilakukan dengan instan. Masih ada waktu untuk memaksimalkan finishing. Hasil pertandingan bukan target kami. Di sini lapangan cukup keras. Saya sempat khawatir akan membuat pemain cedera. Kalau ada yang cedera, habis pemain kita,” ujar Freddy.

Dalam laga uji coba itu, Freddy menitikberatkan pada upaya menjaga kerja sama tiap lini, kebugaran pemain, serta motivasi bertanding. Freddy menginginkan motivasi bertanding anak-anak tidak berkurang meski di laga perdana babak delapan besar, Persis Solo dipastikan tidak bisa diperkuat empat pemain yakni M. Wahyu, Irkham Zahrul Mila, Hendri Aprilianto dan Agung Supriyanto.

“Tim ini sudah kompak. Saya hanya memberi tantangan dan prinsip bermain yang baik. Spirit bertanding harus dijaga. Saya ingin motivasi mereka main itu sama dengan ketika empat pemain ini ikut bertanding,” ucap Freddy.

Advertisement

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persis Solo, Langgeng Jatmiko, mengatakan manajemen masih bakal menggelar rapat di Jakarta untuk menyikapi sanksi terakhir yang dijatuhkan oleh PSSI dalam waktu dekat.

“Keputusannya bagaimana nanti akan diputuskan dalam rapat di Jakarta. Yang jelas, manajemen akan melawan sanksi dari Komdis PSSI itu,” ujar Langgeng saat ditemui di lokasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif