Lifestyle
Kamis, 19 Oktober 2017 - 04:00 WIB

KULINER SOLO : Empuknya Kepiting Soka Bikin Meleleh di Lidah

Redaksi Solopos.com  /  Tika Sekar Arum  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Restoran di Solo, Solo Crab, memiliki menu olahan kepiting yang cangkangnya rusak, kepiting soka.

Solopos.com, SOLO — Anda penyuka seafood, terutama kepiting, tapi tidak mau repot memisahkah cangkang sebelum menyantap dagingnya? Sajian di restoran ini bisa jadi pilihan. Ya, Restoran di Solo, Solo Crab, memiliki menu olahan kepiting yang cangkangnya rusak, kepiting soka. Seluruh bagian kepiting bisa dimakan sehingga Anda tidak perlu repot. Kuliner ini dihargai Rp65.000.

Advertisement

Solopos.com berkesempatan mencicipi menu kepiting bercangkang lunak tersebut di Solo Crab, Jumat (13/10/2017) siang. Di rumah makan tersebut, kepiting soka digoreng dengan balutan tepung dan campuran rempah-rempah pilihan. Sekilas tampilannya biasa saja. Hanya terlihat tumpukan potongan-potongan tak beraturan berwarna uning keemasan di atas piring. Menu yang diberi nama kepiting soka goreng tepung tersebut dilengkapi dengan saus berwarna kecokelatan di sebuah mangkuk kecil.

Kendati tampilannya biasa banget, urusan rasa lain soal. Cita rasa daging kepiting yang gurih dengan manis yang khas ditambah aroma rempah-rempah dari bumbu tepung membuat lidah bergoyang. Apalagi tekstur daging kepiting yang lembut dengan kerenyahan tepung membuat sensasi tersendiri saat memakannya.

Advertisement

Seluruh bagian kepiting yang telah terpotong-potong tersebutbsia disantap dengan mudah, tanpa hambatan. Kulit kepitingnya benar-benar lunak. Cocolan saus berwarna kecolekatan yang diberi nama saus khas Solo Crab tersebut membuat rasa menu tersebut semakin paripurna. Saat dicampur dengan saus, rasa asam dan manis membuat lidah semakin bergoyang. Seporsi kepiting soka goreng tepung berisi dua kepiting yang dipotong-potong dan dibanderol Rp65.000.

Pemilik Solo Crab, Ester Lolita, mengatakan tidak banyak restoran di Solo yang menyajikan kepiting bertulang lunak ini. “Setahu saya, warung makan atau restoran yang menyediakan menu kepiting soka masih sedikit di Solo. Beberapa menu tersebut merupakan menu favorit dan paling laku di Solo Crab. Selain itu juga ada menu kepiting yang menjadi salah satu menu favorit. Satu porsi berisi dua kepiting ukuran sedang dengan harga Rp45.000. pengunjung bebas memilih saus yang kami tawarkan di daftar menu,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com di Solo Crab, Jl. Gatot Subroto No. 190, Kratonan, Serengan, Solo, Jumat.

Rumah makan tersebut buka setiap hari mulai pukul 12.00 WIB hingga last order pukul 21.00 WIB. Solo Crab juga menawarkan paket hemat senilai Rp100.000 untuk empat orang. Dalam paket tersebut, pengunjung akan mendapatkan masak cumi, udang, kerang, dan dua kepiting dengan saus yang dipilih sesuai selera. Selain mendapatkan menu tersebut, pengunjung juga mendapatkan seporsi ca kangkung, nasi empat porsi, dan empat gelas es teh manis.

Advertisement

“Paket tersebut berlaku untuk makan di tempat. Kami juga bekerja sama dengan Gojek sejak kami buka kali pertama untuk memudahkan konsumen yang ingin memesan makanan,” sambung Lolita. Mudah diakses, menu Solo Crab pun oke punya.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif