Soloraya
Kamis, 19 Oktober 2017 - 11:15 WIB

INOVASI POLISI : Antre Urus SIM di Polres Karanganyar Bisa Sambil Baca Buku

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Ahdi Rizaliansyah (kedua dari kiri), mensosialisasikan fasilitas pojok baca sekaligus menyerap berbagai masukan dari masyarakat yang sedang mengurus SIM, Rabu (18/10/2017) siang. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Iniovasi polisi di Karanganyar, terdapat pojok baca di ruang tunggu pengurusan SIM.

Solopos.com, KARANGANYAR — Untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang mengurus pembuatan maupun perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), Satlantas Polres Karanganyar menyediakan fasilitas pojok baca.

Advertisement

Fasilitas yang baru diluncurkan pada Selasa (17/10/2017) tersebut berupa penyediaan berbagai jenis buku bacaan. Buku-buku dengan berbagai genre itu ditaruh di rak buku setinggi dada orang dewasa, dan lebar dua meter.

Tak hanya buku tentang dunia kepolisian, di pojok baca itu tersedia buku-buku kewirausahaan, kuliner, dan majalah. Sembari menunggu panggilan antrean, masyarakat bisa memanfaatkan waktu dengan membaca buku.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Ahdi Rizaliansyah, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, mensosialisasikan langsung penyediaan fasilitas pojok baca kepada warga yang sedang mengurus SIM, Rabu (18/10/2017).

Advertisement

Dalam kesempatan itu dia juga meminta masukan dari masyarakat untuk peningkatan fasilitas maupun layanan. Momentum tersebut tak disia-siakan para pengurus SIM yang kebetulan siang itu sedang membeludak.

Ada yang mengusulkan penambahan buku bacaan, ada juga yang mengusulkan agar ditambah air conditioner (AC). “Memang sudah ada AC yang dipasang, tapi masih kurang dingin,” usul salah seorang warga.

Sedangkan warga lainnya mengusulkan agar orang yang masuk ke ruang tunggu dibatasi, agar tidak saling berjejal. Tak ketinggalan ada yang usul agar diputarkan video tutorial pengurusan SIM di ruang tunggu.

Advertisement

“Terobosan penyediaan pojok baca agar warga tidak bosan sudah cukup baik. Tapi ada beberapa yang juga dibenahi, agar pelayanan kian baik,” ujar Maru Fauzi, 21, salah seorang warga yang mengurus SIM.

Sedangkan Kasatlantas Polres Karanganyar mengatakan penyediaan pojok baca sebagai upaya peningkatan pelayanan masyarakat. Pojok baca dipilih untuk merangsang minat baca masyarakat, utamanya pengurus SIM.

“Harapan kami penyediaan buku ini bisa mengindari warga yang mengurus SIM membuka gadget. Lebih baik membaca buku bisa tambah pengetahuan dan wawasan,” tutur Ahdi Rizaliansyah saat diwawancarai wartawan.

Ke depan dia akan menutup beberapa kekurangan layanan maupun fasilitas di Gedung Baru Satlantas Polres Karanganyar. Termasuk memasang papan imbauan agar tak menggunakan gadget.

Advertisement
Kata Kunci : Polres Karanganyar
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif