Lifestyle
Kamis, 19 Oktober 2017 - 17:45 WIB

HASIL PENELITIAN : Wanita Suka Alis Tebal, Kenapa Ya?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi alis tebal (Youtube)

Hasil penelitian menunjukkan alasan kenapa wanita suka alis tebal.

Solopos.com, SOLO – Tren alis tebal di kalangan perempuan kembali merebak dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian kaum hawa bahkan menyebut tidak masalah keluar tanpa riasan asalkan alis sudah tertata rapi.

Advertisement

Menurut studi terbaru, fitur wajah seperti bibir dan alis cenderung kurang menonjol seiring pertambahan usia. Karena itulah penulis studi menyimpulkan orang melihat wajah dengan fitur yang lebih kontras seakan lebih muda.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Psychologi seperti diberitakan Antara, Kamis (19/10/2017), ilmuwan menganalisis foto dari 763 perempuan tanpa riasan dengan warna kulit bervariasi antara usia 20 dan 80 tahun.

Program komputer menganalisis foto untuk melihat kontrasnya fitur wajah. Mereka mengukur bagaimana mata, bibir, dan alis terlihat menonjol karena perbedaan warna atau akibat cahaya di sekitar wajah.

Advertisement

Pada perempuan muda, fitur-fitur wajah terlihat lebih kontras, terutama di bagian sekitar mulut dan alis.

Selanjutnya, para ilmuwan mengedit sebagian foto, menciptakan dua versi nyaris identik, yang membedakan hanyalah tingkatan kontras. Mereka menunjukkan foto itu pada relawan, menyuruh mereka memilih mana yang terlihat lebih muda. Hampir 80 persen memilih wajah dengan fitur lebih kontras.

Temuan ini berlaku di berbagai variasi etnis, menunjukkan bahwa kerutan dan perubahan pigmentasi kulit adalah “tanda lintas budaya” untuk menilai umur seseorang. Penemuan ini bisa membantu menjelaskan mengapa orang sering berdandan untuk terlihat lebih muda.

Advertisement

Semua perempuan dari berbagai etnis, warna alis memudar seiring bertambah usia, jadi menebalkannya mungkin membuat wajah terlihat lebih muda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif