Teknologi
Rabu, 18 Oktober 2017 - 15:45 WIB

Sejarah Studio Musik Elektronik yang Ikon Google Doodle Hari Ini

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Google Doodle tentang studio musik elektronik pertama (Google)

Google Doodle hari ini, Rabu (18/10/2017), memperingati 66 tahun pendirian studio musik modern pertama di dunia.

Solopos.com, COLONGE – Hari ini, Rabu (18/10/2017), Google membuat doodle yang memiliki arti penting bagi perkembangan industri musik dunia. Google Doodle hari ini memperingati 66 tahun berdirinya studio musik modern pertama kali di dunia.

Advertisement

Dilansir laman resmi Google Doodle, studio musik elektronik (Studio for Electronic Music) didirikan di Cologne, Jerman, pada 18 Oktober 1951.  Studio tersebut menandai tren digabungkannya musik dari mulut atau alat musik dengan musik yang diciptakan atau disintesis oleh alat elektronik.

Studio yang dalam bahasa Jerman disebut dengan Studio Fur Elektronische Musik itu pertama kali beroperasi di fasilitas gedung penyiaran Westdeuscher Rundfunk (WDR). Studio for Electronic Music diinisiasi dari ide tiga komposer musik, Werner Meyer-Eppler, Robert Beyer, dan Herbert Eimert. Bertahun-tahun sebelumnya mereka sudah berdiskusi dan melakukan riset mengenai alat elektronik yang bisa memproduksi musik.

Sejak pendirian dan berkembangnya alat-alat musik elektronik, Studio for Electronic Music menjadi surga dunia bagi musisi, komposer dan produser musik dari seluruh penjuru dunia untuk menghasilkan produk musik yang inovatif.

Advertisement

Sejak akhir 1990-an studio bersejarah itu mengalami kemunduran dalam hal penggunaan. Di 1997 manajemen WDR memutuskan untuk menjual gedung tempat studio tersebut. Sejak 1999 pegawai studio tersebut, Volker Muller, mengevakuasi alat-alat analog yang sudah tidak digunakan agar bisa menjadi isi museum tentang  Studio for Electronic Music. Pada tahun 2000  Studio for Electronic Music resmi ditutup. Tahun ini dikabarkan ada investor yang membeli bagunan bernama Burg Modarth di Kota Kerpen, Jerman. Bangunan tersebut rencananya akan dijadikan museum seni dengan lantai pertama menampung alat-alat Studio for Electronic Music.

Google Doodle hari ini tentang Studio for Electronic Music dibuat oleh ilustrator asal Berlin, Henning Wagenbreth.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Doodle Art Google Doodle
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif