Jogja
Rabu, 18 Oktober 2017 - 19:40 WIB

INOVASI TEKNOLOGI : Informasi di Internet Kini Bisa Diakses saat Offline

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim dari Endless OS saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja dan Star Jogja, Rabu (18/10). (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Tim Endless OS berkunjung ke Jogja kenalkan sistem operasi baru.

Harianjogja.com, JOGJA— Sistem operasi (operating system-OS) untuk perangkat personal computer (PC) dan laptop, Endless OS, kini mulai dikenalkan di Jogja. Tim perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu mengenalkan sistem operasi komputer yang memungkinkan pengguna internet bisa mengakses data di internet kendati tidak terhubung secara online.

Advertisement

Tim Endless OS pada Rabu (18/10/2017) berkunjung ke Kantor Harian Jogja. “Kami datang ke Indonesia untuk belajar dan mendengar dari pengguna [pengguna komputer dan internet] tentang apa kebutuhan dan harapan mereka, yang memungkinkan kami untuk mengembangkan produk kami sehingga bisa menciptakan hal berbeda bagi kehidupan masyarakat,” ungkap Endless Marketing Team Michele Silva kepada harianjogja.com Selasa (18/10/2017).

Dikatakannya, Endless OS bisa diunduh secara gratis di Endlessos.com. Sistem operasi tersebut bisa dibenamkan di komputer atau laptop Asus, Acer, HP, Lenovo, Dell, Toshiba dan bahkan Intel’s NUC. Asalkan syaratnya, komputer atau laptop tersebut memiliki kapasitas prosesor 64-bit dan ruang penyimpanan minimal 32 gigabyte (GB).

Bahkan kata dia, penggunaan Endless OS bisa dipasang secara bersamaan di komputer dengan sistem operasi lainnya seperti Windows.

Advertisement

Kelebihannya kata dia, Endless OS dapat menyimpan data-data di internet saat komputer dalam kondisi online. Alhasil, saat berada dalam kondisi offline pengguna tetap bisa mengakses data internet yang tersimpan tersebut. Misalnya apabila ingin membuka laman berita atau website. “Misalnya mengakses laman ensyclopedia dalam kondisi offline tetap bisa dilakukan. Waktu untuk mengaksesnya saat kondisi offline juga tidak terbatas,” tuturnya lagi.

Kelebihan tersebut menurutnya menjadi solusi mengatasi persoalan kesulitan akses internet yang terbatas terutama di area terpencil. Baik untuk kebutuhan pendidikan maupun pariwisata. Michele melihat, potensi yang baik di Jogja untuk penggunaan Endless OS. Di sejumlah wilayah di DIY memiliki potensi wisata di mana informasi di internet selalu dibutuhkan wisatawan, namun masih terdapat sejumlah wilayah yang kesulitan akses internet dan tidak selalu terkoneksi secara online.

Endless Senior Product Designer Joana Filizoa menyebut, ada lebih dari 100 aplikasi yang bisa dipasang di Endless OS. Misalnya aplikasi game, laman berita, laman yang terkait bidang pendidikan dan lainnya. Ia melihat potensi yang bagus di Jogja karena sejumlah alasan.

Advertisement

Antara lain karena Jogja adalah kota pendidikan dengan banyak universitas, sekolah serta banyak kalangan pelajar mahasiswa tinggal di sini yang selalu membutuhkan data-data pendidikan di internet.

Mereka bisa menghemat biaya untuk mengakses berbagai data tersebut secara offline karena tidak selalu membutuhkan jaringan dan kuota internet. Sejauh ini, memudahkan dunia pendidikan dalam mengakses data di internet merupakan salah satu fokus Endless OS. “Ini kesempatan bagus untuk kami bisa mengembangkan Endless OS di Jogja,” tutur Joana.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif