News
Minggu, 15 Oktober 2017 - 16:20 WIB

Ini Pentingnya Literatur Sains Kimia

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemateri menyampaikan makalahnya dalam seminar kimia di UNY, Sabtu (14/10/2017). (Harian Jogja/Sunartono)

“Literasi ini perlu dikembangkan sejak dini sehingga pembelajaran di sekolah dapat meningkatkam literasinya”

Harianjogja.com, SLEMAN-Literasi sains kimia pada adab ke-21 dinilai sangat penting terutama sebaga bekal siswa hidup di masyarakat.

Advertisement

Dosen Universitas Negeri Malang Profesor Sri Rahayu menyoroti tentang pentingnya literasi sains kimia di abad ke-21. Literasi kimia sangat perlu diajarkan kepada siswa agar mereka dapat hidup di tengah masyarakat modern abad 21.

Indonesia sebenarnya telah mulai melakukan peningkatan literasi sains melalui kurikulum 2013. Namun, yang terpenting, guru kimia sebagai tonggak penentu keberhasilan memahamkan literasi kimia tersebut perlu memahami dengan baik literasi kimia.

Pembelajaran kimia dapat didesain dengan mengoptimalkan aspek literasi dengan memilih topik kimia yang memuat relevansi dengan kehidupan siswa. “Kemudian cara menilai literasi kimia dapat menggunakan kerangka literasi sains PISA dan Shwartz,” ujar dia di sela-sela seminar nasional bertajuk Sinergi Penelitian dan Pembelajaran untuk Mendukung Pengembangan Literasi Kimia di Era Global, di Fakultas MIPA UNY, Sabtu (14/10/2017).

Advertisement

Baca juga : Kimia Masih Sering Dikaitkan Terorisme, Apa Penyebabnya?

Dekan FMIPA UNY Hartono sepakat kemajuan teknologi mutlak mendapat dukungan dari ilmu dasar tak terkecuali kimia. Oleh karena itu tidak bisa lepas dari proses pembelajaran ilmu dasar yang dilaksanakan di sekolah maupun perguruan tinggi. Mengingat salah satu
kecakapan yang harus dimiliki di era saat ini adalah kecakapan dalam pemecahan masalah dan literasi sainsdan teknologi.

“Literasi ini perlu dikembangkan sejak dini sehingga pembelajaran di sekolah dapat meningkatkam literasinya,” imbuh dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif