News
Kamis, 12 Oktober 2017 - 23:55 WIB

Hindari Cara Kebut Semalam Dalam Mengisi Rapor

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/4/2016).(Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Manfaat yang diperoleh dengan rapor ganda, orang tua dapat mengikuti perkembangan anak secara keseluruhan dengan tidak hanya melihat dari sisi penilaian akademik

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY  mengimbau para guru untuk menghilangkan cara kebut semalam dalam mengerjakan rapor siswa ketika rapor ganda diterapkan.

Advertisement

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji meyakini guru tidak akan berat melaksanakan program ini jika memulai melakukan penilaian itu sejak awal. Guru dapat menuliskannya di dalam ponsel berbagai aktivitas setiap anak baik positif maupun negatif kemudian direkap sebagai bahan mengisi rapor.

Baca juga : DIY Siap Terapkan Rapor Ganda, Seperti Apa?

“Itu [sistem kebut semalam] harus dihilangkan, karena tuntutan kurikulum sudah tidak demikian, sudah menghendaki bisa merekam aktivitas murid setiap hari, tetapi kan tidak sulit amat, berapa sih jumlah murid itu kan setiap hari tidak ketemu. Sehingga seandainya pada hari itu tidak sempat kan bisa membuatnya di hari lain. Seandainya dia akan membuat di akhir [jelang penerimaan rapor] dia kan tahu anak yang dididik seperti apa karena dia punya catatan setiap anak,” jelas dia.

Advertisement

Manfaat yang diperoleh dengan rapor ganda, orang tua dapat mengikuti perkembangan anak secara keseluruhan dengan tidak hanya melihat dari sisi penilaian akademik. Selain itu dengan penilaian karakter itu supaya anak mengetahui bahwa sejak awal ia harus berbuat baik sehingga keberadaan rapor ganda menjadi motivasi tersendiri bagi siswa.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif