Sport
Selasa, 10 Oktober 2017 - 05:25 WIB

KUALIFIKASI PIALA DUNIA : Belanda Vs Swedia: De Oranje Mengejar Mukjizat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Timnas Belanda (JIBI/REUTERS/Vasily Fedosenko)

Kualifikasi Piala Dunia akan menyajikan laga Belanda vs Swedia.

Solopos.com, AMSTERDAM — Mulutmu harimaumu. Pelatih Belanda, Dick Advocaat, mungkin akan menyesali pernyataan bernada meremehkannya pada Swedia sebelum rivalnya itu menjamu Luksemburg di Kualifikasi Piala Dunia (PD) 2018, akhir pekan lalu. Saat itu, Advocaat menyebut mustahil Swedia bakal menang dengan skor 8-0.

Advertisement

Nasib Swedia dan Belanda menuju play-off PD memang bisa ditentukan selisih gol jika kedua tim memiliki nilai sama di klasemen akhir.  “Mereka tidak akan menang 8-0, itu pertanyaan bodoh. Skor 8-0? Saya tidak percaya itu,” tukas Advocaat saat ditanya wartawan dalam sesi jumpa pers, dilansir The National, Minggu (8/10/2017).

Faktanya, hal yang tidak dipercayai Advocaat ini benar-benar terjadi. Di Friends Arena, Solna, Marcus Berg dkk. sukses memberondong gawang Luksemburg delapan gol tanpa balas untuk menembus 19 poin mengubah agresivitas gol mereka menjadi plus 19.

Di pertandingan lain, Belanda hanya mampu menang 3-1 atas Belarusia untuk menggapai 16 poin dan berada di peringkat ketiga. Namun selisih gol De Oranje hanya plus tujuh. Artinya Belanda harus menang minimal 7-0 di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB, jika ingin meraih tiket play-off ke PD.

Advertisement

Pilar Belanda, Arjen Robben, sudah mengibarkan bendera putih terkait peluang timnya lolos ke Rusia. Winger Bayern Munich itu menyebut menang 7-0 atas Swedia tidak realistis sekalipun mereka bermain di kandang. Merujuk rekor pertemuan pun, tidak ada sejarahnya Belanda menang dengan selisih gol sebanyak itu melawan Blagult, julukan Swedia.

Kemenangan terbesar Belanda atas Swedia “hanya” 5-1. Itu pun terjadi dalam laga persahabatan 43 tahun silam.  Namun striker Belanda, Vincent Janssen, ternyata masih percaya dengan mukjizat di sepak bola. Penyerang yang dipinjamkan Tottenham ke Fenerbahce itu tak menampik peluang timnya amat tipis untuk menggapai babak play-off.

Meski demikian, dia menegaskan tak ada yang mustahil sepanjang masih ada kesempatan untuk berjuang. “Jika Swedia bisa [menang 8-0], kami juga bisa. Memang ini sebuah pekerjaan sulit, tapi hal tergila bisa terjadi di sepak bola,” ujarnya seperti dilansir Goal, Senin (9/10/2017).

Advertisement

Masalahnya lawan yang dihadapi Belanda kali ini tengah on fire. Anak asuh Janne Anderson itu hanya kalah sekali dari delapan laga terakhir di semua ajang. Swedia juga masih menyimpan peluang lolos otomatis ke Rusia jika mampu menaklukkan Belanda. Hal ini dengan catatan Prancis gagal membekuk Albania di Paris.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif