News
Selasa, 10 Oktober 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 10 Oktober

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penandatanganan Outer Space Treaty atau Traktat Luar Angkasa, 1967. (unoosa.org-UN Photo)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 10 Oktober, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-283—hari ke-284 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 10 Oktober. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum berbagai peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 10 Oktober, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

680
Pertempuran antara Bani Umayah dan Bani Ali meletus di Karbala, Irak. Pertempuran itu dipicu ketidaksetujuan Bani Umayah atas penobatan Husain bin Ali—cucu Nabi Muhammad—sebagai khalifah. Dalam pertempuran itu, Husain terbunuh oleh pasukan Bani Umayah. Peristiwa yang terjadi bertepatan pada 10 Muharam 61 H itu kini dikenang sebagai Hari Asyura. Namun Hari Asyura itu dimaknai berbeda oleh kaum Sunni dan Syiah.

1631
Pasukan Saxon berhasil menaklukkan Kota Praha yang kini menjadi ibu kota Ceko. Meski demikian, kekuasaan Saxon di Praha tak berlangsung lama lantaran kota tersebut menjadi rebutan beberapa negara di masa Perang 30 Tahun yang berlangsung dari 1618 hingga 1648.

Advertisement

1631
Pasukan Saxon berhasil menaklukkan Kota Praha yang kini menjadi ibu kota Ceko. Meski demikian, kekuasaan Saxon di Praha tak berlangsung lama lantaran kota tersebut menjadi rebutan beberapa negara di masa Perang 30 Tahun yang berlangsung dari 1618 hingga 1648.

1780
Badai besar mendera beberapa wilayah di Kepulauan Karibia, Bermuda, dan Florida, Amerika Serikat (AS). Badai itu berlangsung selama enam hari dan membuat kehancuran yang luar biasa. Peristiwa yang kini dikenang dengan sebutan Badai Besar 1780 itu menewaskan antara 20.000 hingga 22.000 orang.

Orang-orang di Hubei mengibarkan bendera Republik Tiongkok, 1911. (Wikimedia.org)

Advertisement

1938
Jerman secara resmi mencaplok wilayah Sudetenland di Cekoslowakia. Wilayah tersebut menjadi kekuasaan Jerman hingga akhir Perang Dunia II pada 1945. Setelah bebas dari Jerman, terjadi pembantaian besar-besaran terhadap orang Jerman yang tinggal di Sudetenland. Hal itu sebagai balasan atas perlakuan Jerman kepada orang Cekoslowakia semasa Perang Dunai II.

1944
Pasukan Jerman mulai membunuh anak-anak Bangsa Gipsi—sebutan bagi Bangsa Rom—di penampungan di Auschwitz, Polandia dengan cara diberi gas beracun. Jerman memperlakukan orang Gipsi sama dengan orang Yahudi. Di masa Perang Dunia II, sekitar 1,5 juta orang Gipsi dibunuh pasukan Jerman.

1967
Traktat Luar Angkasa yang ditandatangani lebih dari 60 negara pada 27 Januari di tahun yang sama secara resmi mulai berlaku. Traktar Luar Angkasa merupakan traktat yang menjadi dasar hukum luar angkasa bagi negara yang menandatanganinya.

Advertisement

1970
Fiji meraih kemerdekaannya dari Inggris yang telah berkuasa sejak 1874. Meski merdeka, pemerintahan Fiji masih dikuasai Inggris. Baru pada 7 Oktober 1987, Fiji meraih kemerdekaan penuh dan menyatakan sebagai negara republik meski masih menjadi anggota Persemakmuran Inggris.

Dampak gempa bumi di El Asnam, Aljazair, 1980. (Pinterest.com)

Xherdan Shaqiri kala masih berseragam Bayern Munchen. (Dailymail.co.uk)

Advertisement

1980
Gempa bumi berkekuatan 7,2 sR mengguncang Kota El Asnam di Aljazair. Akibat bencana alam itu, sedikitnya 2.633 orang tewas dan 8.369 lainnya mengalami luka-luka.

1991
Xherdan Shaqiri lahir di Gjilan, Yugoslavia. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Eropa, yakni Bayern Munchen dari 2012 hingga 2015. Kini, Shaqiri membela salah satu klub di Inggris, yakni Stoke City. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Oktober

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif