Soloraya
Minggu, 8 Oktober 2017 - 14:35 WIB

ASAL USUL : Kelurahan di Wonogiri Ini Dinamai Wonoboyo karena Dianggap Berbahaya

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang warga melintas di depan Kantor Kelurahan Wonoboyo, Wonogiri, Sabtu (7/10/2017). (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)

Desa Wonoboyo di Kecamatan Wonogiri berasal dari kata wono dan baya (bahaya).

Solopos.com, WONOGIRI — Kelurahan Wonoboyo terletak di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Kelurahan ini diapit Desa Bulusur di sebelah timur dan Kelurahan Giripurwo di sebelah barat.

Advertisement

Jembatan Pokoh di atas aliran sungai Bengawan Solo secara administratif masuk wilayah Kelurahan Wonoboyo. Nama Kelurahan Wonoboyo berasal dari dua kata, yakni wana yang berarti hutan dan baya yang berarti buaya.

Namun setelah ditelusuri lebih dalam, kata baya dari nama Wonoboyo bukan berarti buaya melainkan bahaya. Dalam kamus bahasa Sansekerta, kata wana mempunyai arti hutan.

Sedangkan, kata baya mempunyai dua arti yakni buaya dan bahaya. Dalam hal penamaan kelurahan itu baya diartikan bahaya sehingga wonoboyo berarti hutan yang berbahaya.

Advertisement

Hal itu tidak lepas dari sejarah tempat tersebut pada zaman dulu. Dulu, wilayah yang merupakan cikal bakal Wonoboyo merupakan kawasan yang ditakuti masyarakat sekitar, terutama para pedagang maupun masyarakat yang ingin datang ke Wonogiri melalui Sungai Bengawan Solo.

“Di sini dulu masih berupa hutan belantara. Kawasan ini, dihuni gerombolan begal. Kawasan ini sangat ditakuti,” kata salah satu tokoh masyarakat Kelurahan Wonoboyo, Suyadi, 75, saat berbincang dengan Solopos.com di rumahnya, Sabtu (7/10/2017).

Menurutnya, para begal itu bertindak seperti bajak laut yang menyerang perahu para pedagang maupun warga biasa. Mereka merampas barang-barang berharga yang ada di perahu tersebut. Bahkan, mereka tidak segan-segan menghabisi nyawa para korban.

Advertisement

“Warga yang melewati hutan ini dengan perahu langsung dibegal. Karena berbahayanya kawasan ini kemudian diberi nama Wonoboyo,” jelas warga RT 002/RW 008 Wonoboyo itu.

Menariknya, meski pada zaman dulu Wonoboyo dikenal sebagai kawasan orang jahat dan kejam, sekarang seakan berbanding terbalik. Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa yang merupakan tempat peristirahatan terakhir para pejuang yang gugur berada di Kelurahan Wonoboyo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif