Teknologi
Senin, 2 Oktober 2017 - 01:00 WIB

Di Polandia, KTP Elektronik Bakal Langsung Terhubung Telepon

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Pemerintah Polandia sedang menyiapkan perubahan undang-undang untuk mengakomodasi kebijakan ini.

Solopos.com, WARSAWA – Pemerintah Polandia membuat terobosan baru yang memungkinkan warganya untuk mengakses kartu identitas (KTP) dari ponsel mereka. Warga Polandia bisa membawa KTP versi elektronik yang bisa diakses dari telepon seluler.

Advertisement

“Saya berharap Polandia, yang dikenal di Eropa karena keterbukaan mereka terhadap teknologi baru akan menjadi pengguna terdepan sistem tersebut,” kata Menteri Digital Polandia, Anna Strezynska dilansir Mashable mengutip Kantor Berita Polandia, PAP, Jumat (30/9/2017).

Ia menyatakan bahwa pemerintah sedang menyiapkan perubahan undang-undang saat ini, sehingga warga Polandia bisa mengeluarkan telefon saat mereka perlu menunjukkan KTP kepada petugas polisi dan lain-lain.

Warga Polandia, yang jumlahnya sebanyak 38 juta itu nantinya bisa menyimpan KTP mereka di cloud dan bisa mengeluarkan dokumen di telefon seluler mereka menggunakan kode yang diterima melalui pesan teks.

Advertisement

Sistem baru itu akan dilucurkan secara bertahap, dimulai dengan kalangan anak muda. Menurut Strezynska, versi ponsel dari surat izin mengemudi, dokumen pendaftaran kendaraan, kartu pelajar, dan dokumen lainnya akan menyusul.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif