Entertainment
Rabu, 27 September 2017 - 01:00 WIB

Mendikbud Putar Lima Film Ini di Jepang

Redaksi Solopos.com  /  Ayu Prawitasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ada Apa Dengan Cinta 2 (Instagram.com)

Mendikbud memutar lima film yang dianggap mewakili wajah Indonesia.

Solopos.com, OSAKA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memutar lima film Indonesia  yang dianggap mewakili wajah Indonesia di Osaka Jepang dalam acara Festival Film Indonesia (FFI).

Advertisement

Kegiatan FFI digelar, Jumat (22/9/2017) lalu. Mendikbud berharap kegiatan tersebut dapat diterima masyarakat Indonesia dan Jepang yang memiliki perhatian khusus terhadap film di Tanah Air.

Lima film terbaik Indonesia ditayangkan di Negeri Matahari Terbit tersebut mulai Jumat hingga Minggu (24/9/2017) di Big Step Hall Osaka. Film-film yang ditayangkan adalah The Mirror Never Lies, Filosofi Kopi 1, Sepatu Dahlan, Toba Dreams, dan Ada Apa dengan Cinta 2. “Kegiatan ini diharapkan membuat film Indonesia lebih dekat lagi dengan masyarakat Indonesia di luar negeri sekaligus mengenalkan wajah Indonesia kepada dunia Internasional melalui film,” kata Mendikbud.

Menurut Muhadjir, Osaka menjadi pilihan untuk penyelenggaraan FFI 2017 karena Jepang memiliki ikatan sejarah, budaya, dan ekonomi dengan Indonesia. Mendikbud menambahkan FFI 2017 menjadi ajang untuk mengenalkan keunikan, keindahan bentang alam, dan potensi yang dimiliki alam dan manusia Indonesia yang begitu besar lewat film.

Advertisement

Indonesia memiliki semua karakteristik yang dicari untuk membuat film dengan genre apa pun. “Mewakili pemerintah Indonesia, saya mengundang para pembuat film di Jepang untuk melakukan shooting di daerah-daerah Indonesia,” kata Muhadjir seperti dilansir website Kemendikbud, Senin (25/9/2017).

Melalui FFI 2017 diharapkan semua pemangku kepentingan film dan praktisi film di Jepang mau bekerja sama dengan sineas Indonesia. Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud diharapkan dapat menjadi mediator untuk kerja sama tersebut.

FFI di Osaka diselenggarakan atas kerja sama Konsulat Jendral Republik Indonesia di Osaka, Pemerintah Prefektur Osaka, dan Pusbangfilm Kemendikbud. Turut serta dalam pembukaan FFI tersebut Wakil Pemerintah Kota Osaka Tadashi Mizobuchi; Konsul Jenderal Republik Indonesia di Osaka Wisnu Edi Pratignyo; dan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif