Soloraya
Minggu, 24 September 2017 - 20:35 WIB

PEMERINTAHAN KLATEN : Dilantik, Tiap Calon Kades Terpilih Diminta Sumbang 10 Pohon

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menggunakan hak pilih di Pilkades Taji, Kecamatan Prambanan, Klaten, Rabu (26/7/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Para calon kades terpilih di Klaten wajib menyumbang 10 pohon saat pelantikan nanti.

Solopos.com, KLATEN — Pelantikan 48 calon kepala desa (kades) terpilih bakal digelar di kompleks parkir objek wisata Watu Prau dan Bukit Cinta, Desa Gununggajah, Kecamatan Bayat Klaten, Kamis (28/9/2017).

Advertisement

Saat pelantikan, para calon kades yang terpilih dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Juli lalu, itu diminta menyumbang 10 pohon. Kasi Penataan Kelembagaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Klaten, Agung Kristantana, mengatakan pohon yang dibawa yakni pohon bunga.

Ketinggian masing-masing pohon minimal dua meter. “Kami sarankan agar diusahakan pohon yang dibawa memiliki ketinggian paling tidak dua meter. Kalau dibawah satu meter khawatirnya pohon cepat rusak,” kata Agung, Sabtu (23/9/2017). (Baca: 48 Kades Terpilih Hasil Pilkades Serentak 2017 Dilantik di Bukit Cinta)

Pohon itu bakal ditanam di kawasan objek wisata Watu Prau dan Bukit Cinta seusai pelantikan. Penanaman pohon itu dimaksudkan mendukung kelestarian lingkungan serta program yang digulirkan Plt. Bupati Klaten, Sri Mulyani, yakni Klaten Kota Bunga Sejuta Warna.

Advertisement

Agung menjelaskan permintaan agar para calon kades terpilih menyumbang pohon sudah diumumkan. Pohon-pohon itu bakal dibawa saat gladi bersih pelantikan digelar.

“Jadi saat gladi bersih pada Selasa [26/9/2017] itu mereka sudah membawa. Setelah pelantikan, mereka menanam pohon di kawasan objek wisata,” ungkapnya.

Agung mengatakan lokasi pelantikan tak dilakukan di Bukit Cinta yang masih satu lokasi dengan kompleks wisata di Desa Gununggajah tersebut. Hal itu mempertimbangkan akses menuju lokasi.

Advertisement

“Lokasi pelantikan di kawasan parkir Watu Prau. Pertimbangan kami soal akses menuju lokasi di kawasan itu lebih mudah dijangkau,” urai dia.

Pilkades serentak digelar pada 26 Juli lalu. Ada 48 desa di 20 kecamatan yang menggelar pilkades. Dari hasil pilkades, Dinpermasdes memastikan tak ada sengketa.

Plt. Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pemilihan lokasi pelantikan di kawasan objek wisata Watu Prau dan Bukit Cinta, Desa Gununggajah untuk memacu para kades mengelola potensi desa mereka.

Belakangan objek wisata yang dikelola desa setempat ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah. “Harapan saya desa lain bisa bisa melakukan hal yang sama dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Ini semacam memotivasi kades terpilih,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif