Teknologi
Selasa, 19 September 2017 - 14:10 WIB

Bos Qualcomm Sebut Smartphone 5G Bakal Hadir di 2019

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jaringan 5G. (Istimewa/trikalaidees.gr)

Pemasaran perdana smartphone 5G secara komersial akan dimulai pada 2019.

Solopos.com, FRANKFURT – Bos Qualcomm Steven Mollenkopf mengisyaratkan pengembangan 5G bakal selesai pada 2019 mendatang. Di tahun itu bakal ada banyak pengembang ponsel dan operator seluler yang sudah bermigrasi ke 5G.

Advertisement

Saat ini, jaringan 5G masih sebatas infrastruktur jaringan. Namun, Mollenkopf mengisyaratkan bakal ada lompatan besar di tahun 2018 yang memungkinkan perkembangan jaringan 5G bakal berakselerasi dengan cepat.

Lebih lanjut, Mollenkopf mengatakan pemasaran perdana smartphone 5G secara komersial akan dimulai pada 2019. Ini lebih cepat dari perkiraan lantaran didorong oleh permintaan dari segmen konsumen dan bisnis.

“Kamu akan melihat perangkat sungguhan di 2019. Jika aku menjawab pertanyaan serupa tahun lalu, aku akan menjawab 2020,” kata Mollenkopf di ajang Frankfurt Motor Show, Jerman, seperti dikutip dari ZDNet, Selasa (19/9/2017).

Advertisement

Mollenkopf juga menambahkan saat ini sudah ada beberapa operator jaringan di Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan yang sedang mempersiapkan peluncuran 5G pada 2019. Selain itu ada operator seluler China pun diketahui melakukan persiapan serupa.

Qualcomm sendiri sudah melakukan pengujian jaringan 5G di seluruh dunia. Pada bulan Februari, mereka mengumumkan kemitraan dengan Ericsson dan Telstra untuk melakukan uji coba 5G.

Pada saat yang sama, Qualcomm dan Ericsson akan menjadi mitra percobaan 5G tambahan dengan operator telekomunikasi Jepang NTT DoCoMo dan raksasa telekomuniasi Eropa Vodafone.

Advertisement

Percobaan dengan NTT DoCoMo di Jepang akan berlangsung pada paruh pertama tahun 2018. Sementara dengan Vodafone akan dilakukan di Inggris pada paruh kedua 2017.

Qualcomm juga saat ini membantu Verizon dalam upaya menggelar 11 jaringan pecobaan 5G pra-komersial dengan Cisco, Samsung, Ericsson, Intel, LG dan Nokia.

Advertisement
Kata Kunci : 5G Jaringan 5G
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif