Soloraya
Minggu, 3 September 2017 - 09:35 WIB

Paguyuban Pejabat Sragen Kirim Puluhan Tangki Air Bersih ke Daerah Krisis

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pejabat Sragen yang tergabung dalam Ashoco Sragen mendistribusikan air bersih kepada warga Desa Dukuh, Kecamatan Tangen, Sragen, Sabtu (2/9/2017). (Istimewa/Bambang Widjo Purwanto/Ashoco)

Pejabat Pemkab Sragen yang tergabung dalam Ashoco mengirim bantuan air bersih.

Solopos.com, SRAGEN — Angkringan Shoping Community (Ashoco) yang beranggotakan para pejabat Pemkab maupun anggota DPRD Sragen patungan membeli air bersih untuk para warga yang kekurangan air di wilayah Jenar, Sumberlawang, dan Tangen.

Advertisement

Pada program pengiriman air bersih kali keempat, Ashoco mengirim enam mobil tangki berkapasitas 4.000 liter/tangki ke Tangen dan Jenar, Sabtu (2/9/2017). Selama Agustus, Ashoco sudah mengirim 24 tangki berisi air bersih kepada warga yang kekurangan air di tiga kecematan tersebut.

Satu tangki air itu dibeli dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Negoro seharga Rp250.000/tangki. Artinya, selama Agustus Ashoco berhasil menghimpun dana sukarela senilai Rp6 juta untuk menyuplai air bersih ke daerah krisis.

“Tak hanya 24 tangki. Kami masih memiliki cadangan 40 tangki [Rp10 juta] untuk warga yang benar-benar membutuhkan air bersih. Semua dana sukarela itu dihimpun dari 70-80 anggota Ashoco. Bahkan kemarin Bupati Sragen pun mau ikut iuran seikhlasnya untuk membantu warga di utara Bengawan Solo,” ujar Ketua Ashoco Sragen, Bambang Widjo Purwanto, kepada Solopos.com, Sabtu siang.

Advertisement

Ashoco yang beranggotakan kalangan legislator, pejabat birokrasi, pejabat politik, hingga perwira TNI/Polri, memiliki andil membantu pemerintah untuk mengentaskan beban hidup warga daerah minus. Selain menghirup udara, kata Bambang, warga juga butuh air karena air menjadi kebutuhan utama bagi warga di utara Bengawan Solo untuk masak dan seterusnya.

Bambang yang juga Wakil Ketua DPRD Sragen itu sudah berpikir untuk memasok kebutuhan air bersih dari Sambungmacan ke Jenar dan Tangen. Rencana itu sudah ditangkap PDAM dengan merencanakan anggaran investasi senilai Rp13 miliar.

Persoalan-persoalan pelik yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat umum itu pun sering muncul saat pertemuan Ashoco di angkringan Shoping Center Sragen di malam hari. Dalam pengiriman ke wilayah Desa Dukuh, Kecamatan Tangen, para pimpinan Ashoco ikut langsung membagikan air bersih kepada warga.

Advertisement

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto sebagai pimpinan birokrasi pun ikut terjun membagikan air bersih. Ia sendiri yang mengangkat jeriken seberat 30 liter kepada warga.

Legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fatchurrahman, juga ikut serta dalam kegiatan bakti sosial pemberian air bersih ke Tangen dan Jenar. Ketiga tokoh itu memiliki kepekaan yang sama dalam merespons keinginan masyarakat tentang kebutuhan air bersih.

Beberapa anggota Ashoco lainnya juga ikut bergabung termasuk pemilik asongan Shoping Center, Bagong, juga ikut dalam rombongan pejabat itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif