Teknologi
Kamis, 31 Agustus 2017 - 12:10 WIB

Microsoft-Amazon Ungkap Ide Besar “Persatukan” Cortana dan Alexa

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Microsoft Cortana (Pctechmag.com)

Pengguna Alexa nantinya akan mampu mengakses Cortana dan sebaliknya di berbagai perangkat.

Solopos.com, NEW YORK – Dua perusahaan raksasa dunia digital, Amazon dan Microsoft sepakat mengintegrasikan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Alexa dan Cortana. Integrasi ini memungkinkan pengguna Alexa akan mampu mengakses Cortana dan sebaliknya di berbagai perangkat.

Advertisement

Dilaporkan Mashable, Kamis (31/8/2017), integrasi lintas platform ini juga memungkinkan pengguna Alexa mendapatkan akses ke beberapa aspek Cortana yang lebih unik. Kedua perusahaan hanya menciptakan skill pada masing-masing platform lain untuk memungkinkan basis integrasi.

Ini merupakan langkah yang terbilang mengejutkan oleh kedua perusahaan. Keputusan ini juga hadir saat Microsoft siap merilis speaker Cortana bersama Harman Kardon dan mendorong asisten digitalnya tersemat ke dalam mobil, thermostat, dan lebih banyak perangkat lainnya.

New York Times, Rabu (30/8/2017), menggambarkan kolaborasi ini bakal terlihat canggung di awal-awal. Seorang pengguna perangkat Alexa harus mengatakan, “Alexa, buka Cortana” untuk mendapatkan akses ke asisten digital Microsoft. Sementara pengguna Cortana harus mengatakan “Cortana, buka Alexa”.

Advertisement

Microsoft telah membangun asisten digital untuk mengakses produk Office dan kini Alexa akan mendapatkan akses tersebut melalui integrasi Cortana.

Sementara Microsoft masih membujuk developer untuk menciptakan kemampuan Cortana, pengguna Cortana akan dapat memanggil Alexa untuk mendapatkan akses fungsi yang belum dimiliki Cortana.

Amazon, Microsoft, Apple, dan Google diketahui memiliki asisten digital yang saling bersaing. Kemitraan ini menandakan langkah untuk membuat mereka bekerja bersama dengan lebih baik.

Advertisement

New York Times melaporkan bahwa Microsoft dan Amazon bermitra pada Mei tahun lalu, setelah CEO Amazon – Jeff Bezos mengemukakan gagasan tersebut dengan CEO Microsoft – Satya Nadella dalam Microsoft CEO Summit. Motivasi Amazon untuk bermitra lebih erat dengan Microsoft terbilang masuk akal karena keduanya sama-sama mencoba untuk menangkis asisten Google. Selain itu, Microsoft juga telah membantu query Alexa melalui mesin pencarinya – Bing.

Sementara Microsoft dan Amazon telah membentuk kemitraan yang lebih dekat, di sisi lain Bezos juga menyambut baik Apple dan Google untuk menawarkan integrasi serupa dan mengatakan bahwa ia akan mendukungnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif