Lifestyle
Sabtu, 26 Agustus 2017 - 07:00 WIB

TIPS KEUANGAN : 5 Perbedaan VISA dan Mastercard Dalam Kartu Kredit

Redaksi Solopos.com  /  Yeyen Pamula  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu kredit Visa dan Mastercard.(Dailymail.co.uk).

Tips keuangan kali ini tentang lima perbedaan kartu kredit VISA dan Mastercard.

Solopos.com, SOLO – Kartu kredit merupakan produk keuangan yang sedang menjadi tren di era modern. Saat ini, bertransaksi menggunakan kartu kredit menjadi hal yang lumrah. Selain uang tunai, kartu kredit menjadi penghuni tetap dompet banyak orang, khususnya yang tinggal di kota besar. Sebab, kartu kredit memang membuat berbagai transaksi makin mudah.

Advertisement

Dulu, kartu kredit mencerminkan gaya hidup kalangan atas yang berpenghasilan tinggi. Namun, belakangan ini kartu kredit mulai diminati banyak kalangan. Berbagai kemudahan dan proses pembuatan tanpa ribet membuat kartu kredit menjadi primadona.

Visa International Services Association (VISA) dan Mastercard merupakan dua jenis kartu kredit yang banyak dipakai. Bagi pemilik kartu kredit, nama kedua kartu ini tentu sudah akrab di telinga. Sebab, keduanya sama-sama memiliki jaringan yang luas bahkan terbesar di dunia.

Advertisement

Visa International Services Association (VISA) dan Mastercard merupakan dua jenis kartu kredit yang banyak dipakai. Bagi pemilik kartu kredit, nama kedua kartu ini tentu sudah akrab di telinga. Sebab, keduanya sama-sama memiliki jaringan yang luas bahkan terbesar di dunia.

Kendati demikian, kedua kartu itu memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu perbedaan VISA dan Mastercard. Apakah Anda termasuk salah satunya? Padahal, mengetahui perbedaan dua kartu itu sangat penting. Nah, agar tidak terlihat norak, simak ulasan tentang perbedaan VISA dan Mastercard yang dihimpun Solopos.com dari Money, Selasa (22/8/2017) di bawah ini:

Perusahaan

Advertisement

Sementara Mastercard merupakan produk Mastercard Worldwide yang berlokasi di Purchase, New York, Amerika Serikat. Perusahaan ini jauh lebih muda ketimbang VISA. Sebab, perusahaan ini berdiri pada 1966.

Jangkauan

Tingkat popularitas dan jangkauan kedua kartu ini hampir sama. Jika dicermati, keduanya merupakan penguasa jaringan kartu kredit dunia. Saking populernya, kedua kartu ini sangat sulit disaingi oleh para kompetitor lain. Kendati demikian, kedua kartu itu memiliki wilayah kekuasaan masing-masing. Berbagai sumber menyebut VISA lebih unggul di kawasan Asia Pasifik, sementara Mastercard menguasai wilayah Amerika Serikat dan Eropa.

Advertisement

Tipe kartu kredit

Baik VISA maupun Mastercard memiliki tiga tipe kartu kredit, yakni silver, gold, dan platinum. Namun, keduanya memiliki penawaran yang sangat berbeda. VISA memiliki kartu kredit eksklusif yang diberi nama Visa Signature. Kartu yang cocok untuk keperluan bisnis ini memiliki limit yang cukup besar, yakni di atas Rp100 juta. Selain itu, kartu ini juga menawarkan promo menarik berupa airport lounge, travel assist, keanggotaan klub golf, serta special travel.

Tak mau kalah dengan VISA, Mastercard juga memiliki kartu spesial, yakni World Mastercard. Pemilik kartu ini minimal harus menggunakan Rp75 juta dari limit yang ada dalam setahun. Kartu ini juga memiliki jaringan dua kali lipat lebih banyak di beberapa negara tertentu.

Advertisement

Keamanan nasabah

Fitur keamanan nasabah saat bertransaksi menjadi poin penting, mengingat banyaknya kasus pembobolan kartu kredit. Guna menjaga keamanan nasabah, VISA menawarkan sistem perlindungan berupa pin statis alias one time password (OTP) yang dimasukkan dalam jendela verrified VISA tiap kali melakukan transaksi.

Sementara Mastercard meberi perlindungan lewat secure code alias pin tamabahan. Setiap pengguna wajib memasukkan pin ini saat melakukan transaksi secara online.

Biaya transaksi

Baik VISA maupun Mastercard memberlakukan biaya tambahan saat bertransaksi di luar negeri. Biaya tambahan yang harus dibayarkan pemegang kartu VISA sebesar satu persen dari total transaksi. Sedangkan biaya transaksi Mastercard cenderung lebih murah, sekitar 0.2 persen sampai satu persen, tergantung pada tiap merchant.

Nah, itulah beberapa perbedaan VISA dan Mastercard dalam kartu kredit. Meski terlihat sama, ternyata keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Bagi yang belum punya kartu kredit tak perlu khawatir, Anda bisa dengan mudah mengajukan permohonan pembuatan kartu berlogo VISA maupun Mastercard di Cekaja.com dengan mudah dan cepat. Jadi, mau pilih yang mana, VISA atau Mastercard?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif