News
Sabtu, 26 Agustus 2017 - 07:05 WIB

Enggak Perlu Calo, Ini Cara Mudah Mengetahui Biaya Mutasi Mobil

Redaksi Solopos.com  /  Yeyen Pamula  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Inilah cara mudah mutasi kendaraan bermotor tanpa perlu calo.

Solopos.com, SOLO – Mutasi kendaraan bermotor memang sering terjadi, apalagi masalah biaya mutasi mobil dan motor. Perpindahan fisik kendaraan ke lokasi lain memang kerap menjadi kendala bagi sang pemilik saat akan membayar pajaknya. Tak jarang hal itu membuat mereka malas hingga pajak kendaraan itu pun menunggak sampai bertahun-tahun.

Advertisement

Guna menanggulangi masalah itu, pihak kepolisian membuat program mutasi kendaraan bermotor. Bahkan, pihak kepolisian menggratiskan bea mutasi tersebut. Namun, tetap saja program itu sepi peminat lantaran banyak orang tak mau berurusan dengan polisi yang terkenal berbelit-belit.

Mengurus biaya mutasi mobil atau motor identik dengan sesuatu yang ribet dan buang-buang waktu. Sebab, urusan itu memang kerap kali tak bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Apalagi jika Anda baru saja membeli mobil bekas, urusannya akan bertambah panjang.

Saking ribetnya, kebanyakan orang memilih menggunakan jasa calo untuk menyelesaikan masalah mutasi mobil bekas yang baru saja dibeli itu. Padahal, Anda bisa menyelesaikan urusan itu dengan mudah tanpa perlu bantuan calo. Nah, apa saja persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengurus mutasi kendaraan bermotor? Simak ulasan yang disajikan Solopos.com, Rabu (23/8/2017) berikut:

Advertisement

Pertama, Anda harus menyiapkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopinya. Kedua, siapkan pula Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan salinannya. Jangan lupa bawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta bukti pembelian kendaraan yang dilengkapi materai.

Jika semua dokumen sudah lengkap, Anda bisa langsung menuju ke kantor Samsat untuk memproses mutasi kendaraan. Ikuti semua prosedurnya dengan runtut dan isi formulir yang diberikan petugas. Setelah itu, Anda diminta membayar biaya penerbitan STNK dan BPKB baru.

Proses ini sebenarnya cukup mudah. Biasanya hanya butuh waktu sepekan untuk menyelesaikan urusan mutasi kendaraan. Tapi, jika tak mau repot memutasi, Anda bisa membeli kendaraan baru. Tak perlu dibayar kontan, Anda boleh mengajukan kredit kendaraan bermotor.

Advertisement

Takut ribet? Tenang saja, Anda bisa beli kendaraan bermotor tanpa ribet dengan mengajukan kredit online lewat situs Cekaja.com. Situs ini membantu Anda menemukan kendaraan favorit dengan mudah dan murah. Anda juga bisa dapatkan tambahan informasi tentang biaya mutasi mobil di situs tersebut. Tunggu apalagi, yuk ajukan kredit kendaraan bermotor di Cekaja.com.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif