Jogja
Kamis, 24 Agustus 2017 - 16:55 WIB

Tahun Ini Dibangun 2 Sumur Bor di Gunungkidul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi (tengah pakai peci) bersama dengan Anggota DPR RI Dapil DIY Agus Sulistiyo (dua dari kanan) dan Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Badan Geologi, Kementerian ESDM Andiani (pakai batik) saat foto bersama dalam peresmian bantuan sumur bor di Desa Ngleri, Kecamatan Playen, Rabu (23/8/2017). (Foto istimewa)

Pemerintah pusat melalui Badan Geologi, Kemeneterian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan dua unit sumur bor kepada dua desa di Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemerintah pusat melalui Badan Geologi, Kemeneterian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan dua unit sumur bor kepada dua desa di Gunungkidul. Total sejak dibangun pertama kali di 2000 lalu, hingga tahun lalu kementerian sudah membangun sebanyak 1.545  sumur bor di seluruh Indonesia.

Advertisement

Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Badan Geologi, Kementerian ESDM Andiani mengatakan, di 2016 lalu, Badan Geologi membangun 197 sumbur bor di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya dibangun di Desa Beji, Ngawen dan Desa Ngleri, Playen.

“Kalau di DIY ada enam titik. Dua di Gunungkidul dan empat lainnya tersebar merata di Bantul, Kota Jogja, Kulonprogo dan Sleman,” kata Andiani kepada wartawan saat meresmikan Sumur Bor di Desa Ngleri, Pleyan, Rabu (23/8/2017).

Menurut dia, pemberian bantuan sumur bor kepada masyarakat sudah berlangsung sejak 2000 lalu dengan jumlah pengeboran sebanyak 1.545 titik. Andini menjelaskan, program bantuan sumur bor kepada masyarakat salah satunya untuk mengatasi permasalahan air bersih, khususnya saat musim kemarau.

Advertisement

Menurut dia, program pembangunan ini juga sudah memberikan manfaat karena dengan penyediaan fasilitas tersebut, sebanyak 4,4 juta jiwa menjadi pelanggan rutin. “Jumlahnya akan terus kami tambah. Apalagi banyak daerah yang mengajukan permintaan untuk dibuatkan sumur bor,” katanya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi menyambut baik program pembangunan sumur bor yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Diharapkan bantuan tersebut dapat memberikan manfaat, khususnya untuk mengatasi masalah kekurangan air bersih.

“Harus dioptimalkan karena keberadaan sumur bor dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” kata Immawan.

Advertisement

Menurut dia, bantuan sumur bor di Ngleri dan Beji bukan yang terakhir karena ke depannya masih akan ada program pembangunan. Untuk tahun ini, direncanakan ada tiga titik yang akan dibangun oleh Badan Geologi. “Tadi [kemarin] sudah dijanjikan dan akan dibangun di tahun ini,” kata Politisi PAN ini.

Advertisement
Kata Kunci : Sumur Bor
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif