Teknologi
Selasa, 22 Agustus 2017 - 14:10 WIB

Sesuai Prediksi, Android O Diberi Nama “Oreo”

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Android Oreo. (Istimewa/Gopego.com)

Google akhirnya meresmikan nama “Oreo” untuk Android O.

Solopos.com, NEW YORK – Google akhirnya mengungkap nama sistem operasi terbaru Android 8.0 alias Android O. Sesuai prediksi, Android 8.0 diberi nama “Oreo.”

Advertisement

Mengutip Mashable, pengumuman nama Android O sendiri dilakukan berbarengan dengan momen gerhana matahari di Amerika Serikat,Selasa (22/8/2017) siang WIB. Google menggelar acara khusus di 14th Street Park, Manhattan, New York, Amerika Serikat.

Dalam acara peluncuran, Director Product Management Android Sagar Kamdar sempat mengungkap alasan kenapa akhirnya nama Oreo yang dipilih untuk Android 8.0. Dia mengatakan keputusan tersebut diambil setelah Google melihat banyak engineernya yang lembur kerap ngemil Oreo.

“Di microkitchens Google, kami punya Oreo di manapun. Teknisi kami terus mengonsumsi Oreo dengan susu mereka,” kata Kamdar sepeeti dikutip dari CNet, Selasa (22/8/2017).

Advertisement

Seiring dengan diumumkannya nama ini, Google juga menginformasikan bahwa Android Oreo sudah tersedia melalui Android Open Source Project. Update lewat OTA akan segera dikirim ke perangkat Pixel dan Nexus. Saat ini Android Oreo tengah dalam pengujian operator.

Nama “Oreo” telah diprediksi sejak Android O pertama kali diperkenalkan di Google I/O 2017 pada Mei 2017 lalu. Saat itu, sejumlah blogger dan media ternama menyebut “Oreo” memenuhi kriteria penamaan berbasis camilan manis yang menjadi ciri khas Google dalam menamai Android selama ini.

Advertisement

Selain “Oreo” calon nama lain yang sempat terdengar adalah “Oatmeal Cookie”, “Orange Julius”, “Orange Sherbert”, bahkan “Octopus”. Bahkan sejumlah warganet di Indonesia berselorong dengan mengajukan nama “Opor Ayam” atau “Opor.”

Ini merupakan kedua kalinya Google menggunakan nama yang diambil dari sebuah produk. Sebelumnya, Google pernah melakukannya di Android 4.4 KitKat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif