News
Minggu, 20 Agustus 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 20 Agustus

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Alvaro Negredo Sanchez saat masih berseragam Manchester City. (Alchetron.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 20 Agustus terangkum dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-232—hari ke-233 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 20 Agustus. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 20 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehisory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

917
Pasukan Bulgaria pimpinan Kaisar Simeon I mengalahkan pasukan Kekaisaran Bizantium pimpinan Leo Phocas dalam Pertempuran Achelous di dekat Laut Hitam. Pertempuran tersebut dipicu perebutan wilayah di Semenanjung Balkan antara kedua kekaisaran tersebut.

1914
Kota Brussels di Belgia berhasil diduduki pasukan Jerman yang telah melakukan invasi selama dua pekan. Meski sudah berhasil menguasai Brussels, Jerman terus berusaha menguasai seluruh wilayah Belgia. Jerman akhirnya berhasil menguasai seluruh wilayah Belgia pada 31 Oktober di tahun yang sama.

Advertisement

1914
Kota Brussels di Belgia berhasil diduduki pasukan Jerman yang telah melakukan invasi selama dua pekan. Meski sudah berhasil menguasai Brussels, Jerman terus berusaha menguasai seluruh wilayah Belgia. Jerman akhirnya berhasil menguasai seluruh wilayah Belgia pada 31 Oktober di tahun yang sama.

1944
Pertempuran Rumania antara pasukan Blok Poros dan pasukan Uni Soviet meletus setelah pasukan Uni Soviet menyerbu wilayah timur laut Rumania. Setelah bertempur selama sembilan hari, pasukan Uni Soviet akhirnya berhasil mengalahkan pasukan Blok Poros yang terdiri atas tentara Jerman dan tentara Rumania.

Andrew Russell Garfield. (Celebmix.com)

Advertisement

1985
Alvaro Negredo Sanchez lahir di Madrid, Spanyol. Kini, ia dikenal luas sebagai bintang sepak bola yang membela klub besar di Spanyol, yakni Valencia. Sebelumnya, Negredo pernah membela klub raksasa di Inggris, Manchester City.

1990
Seiring runtuhnya Uni Soviet, Estonia secara resmi mendapatkan kemerdekaan penuh. Estonia adalah negara yang bergabung dengan Uni Soviet sejak 1940.

Demetria Devonne Lovato. (Reddit.com)

Advertisement

1992
Demetria Devonne Lovato lahir di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal luas sebagai penyanyi, penulis lagu, aktris, dan model dengan nama beken Demi Lovato. Lovato memulai kariernya sebagai aktris pada 2006 dan memulai terjun ke dunia tarik suara sejak 2007.

2003
Pembangunan Jembatan Suramadu resmi dimulai. Jembatan tersebut rampung dibangun pada 1 Maret 2009. Dengan panjang 5.438 meter, jembatan yang menghubungkan Surabaya di Pulau Jawa dengan Bangkalan di Pulau Madura itu menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

2008
Pesawat milik maskapai penerbangan Spanair jatuh setelah beberapa saat lepas landas dari Bandara Barajas di Madrid Spanyol. Sebanyak 172 orang meninggal seketika dan delapan lainnya meninggal setelah dilarikan ke rumah sakit. Pihak berwenang yang telah melakukan investigasi menyatakan kecaelakaan pesawat tersebut disebabkan kesalahan pilot saat lepas landas.

Advertisement

2016
Serangan bom bunuh diri mendera sebuah pesta pernikahan orang Kurdi yang digelar di Sahinbey, Gaziantep, Turki. Sebanyak 57 orang tewas seketika dan 66 lainnya terluka. Tentara Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 19 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 18 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Agustus

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif