Soloraya
Kamis, 17 Agustus 2017 - 14:55 WIB

KAMPUS DI SOLO : HUT RI, 8.000 Mahasiswa UNS Solo Cetak Rekor Muri

Redaksi Solopos.com  /  Ayu Prawitasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo (ilustrasi/kampus-info.com)

UNS Solo cetak rekor Muri.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 8.000 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan mencetak rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) melalui dua aksi sekaligus pada Hari Kemerdekaan, Kamis (17/8/2017).

Advertisement

Kegiatan itu merupakan serangkaian Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2017. Rekor pertama yang akan dicatatkan berupa visualisasi formasi terbanyak oleh 8.000 mahasiswa.

Ribuan mahasiswa itu akan memvisualisasikan beberapa destinasi pariwisata Indonesia, logo Pesona Indonesia, jargon One Indonesia UNS 2017, logo HUT ke-72 tahun Indonesia, serta logo UNS.

Sedangkan rekor kedua adalah membuat buku dengan penulis terbanyak. Pencatatan dua rekor tersebut akan digelar di halaman Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS Solo bertepatan dengan peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia, Kamis.

Advertisement

PKKMB UNS 2017 telah dibuka Senin (14/8/2017). Menurut Wakil Rektor (WR) III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) UNS, Darsono, Student Vaganza One Indonesia UNS 2017 yang dijadwalkan Kamis menjadi puncak kegiatan PKKMB 2017. Kegiatan itu melibatkan unsur pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa.

“Tema Student Vaganza One Indonesia UNS 2017 adalah Peningkatan Peran dan Kontribusi Pemuda dalam Menjaga Kearifan Budaya Lokal,” ujar Darsono saat jumpa wartawan di Kampus UNS Solo, Selasa (15/8/2017).

Student Vaganza One Indonesia UNS 2017 didukung Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS, Adhi Karya, PT Lga Mahasiswa, Prim-A, McD, dan Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI). Ketua panitia pelaksana PKKMB 2017, Ridho, menambahkan ada juga kegiatan upload video tentang Gerakan Mahasiswa Berbuat Baik secara serentak yang diharapkan dapat menanamkan karakter tersebut pada diri mahasiswa.

Advertisement

Agenda tambahan adalah flashmob bertema kebudayaan yaitu tepukan bernuansa semangat HUT RI, parade Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), penampilan drama musikal dari berbagai komunitas daerah yang mengusung tema kebudayaan dan penanggulangan disintegrasi bangsa, orasi mahasiswa berprestasi, dan penutupan secara simbolik oleh Rektor UNS.

Terkait rencana pembuatan buku dengan penulis terbanyak, mahasiswa diajak menuliskan resolusi mereka selama empat tahun menempuh studi di UNS. Sebanyak 7.000 tulisan terbaik dibuat menjadi buku dengan 11.000 halaman.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif