News
Rabu, 16 Agustus 2017 - 06:00 WIB

Ingin Buku Sekolah Gratis? Tinggal Unduh di Website Kemendikbud

Redaksi Solopos.com  /  Ayu Prawitasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Website buku.kemdikbud.go.id menyediakan buku sekolah elektronik (BSE) gratis, Selasa (15/8/23017). (Ayu Prawitasari/JIBI/Solopos)

Kemendikbud beri fasilitas unduh buku gratis.

Solopos.com, JAKARTA— Para siswa di Tanah Air kini bisa mengunduh buku sekolah elektronik (BSE) gratis melalui website buku.kemdikbud.go.id milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Advertisement

Tujuan bantuan tersebut adalah mempermudah proses belajar-mengajar di sekolah. Website tersebut merupakan bentuk keberpihakan Kemendikbud pada masyarakat dalam upaya pemerataan akses pendidikan.

“BSE menjawab keberpihakan [Kemendikbud] kepada masyarakat ekonomi bawah” ujar Kepala Bidang Perbukuan, Pusat kurikulum dan perbukuan, Supriatno, saat memberikan pembekalan layanan Unit Layanan Terpadu Kemendikbud di Bandung, Sabtu (12/8/2017).

Supriatno menjelaskan setiap warga bisa mengunduh buku teks pelajaran dan mencetaknya sendiri tanpa harus membeli. “Semua orang bisa mendownload dan mencetak sendiri,” kata dia seperti dilansir website Kemendikbud.

Advertisement

Kemendikbud juga mendistribusikan compact disc (CD) yang berisi soft file BSE untuk Dinas Pendidikan Provinsi dan kabupaten/kota. Supriatno menambahkan saat ini ada beberapa website yang menyediakan buku teks pelajaran. Namun, buku-buku tersebut merupakan buku yang belum direvisi.

Dia menyarankan warga mengunduh buku melalui website resmi Kemendikbud. Website tersebut diharapkan bisa memperlancar kegiatan belajar-mengajar di sekolah yang sudah berlangsung sejak Juli 2017 dan membantu masyarakat yang kesulitan untuk membeli buku teks pelajaran.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif