Jogja
Senin, 14 Agustus 2017 - 22:20 WIB

Antisipasi Bencana, Jogja City Mall Gelar Simulasi Gempa

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jogja City Mall menggelar simulasi gempa (IST/dok. Jogja City Mall)

Mall di Jogja JCM mengadakan simulasi bencana

Harianjogja.com, SLEMAN — Demi meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya bencana gempa bumi, Jogja City Mall mengadakan simulasi pada Sabtu (12/8/2017). Kegiatan tersebut diikuti seluruh tenant dan karyawan management  Jogja City Mall serta karyawan management The Rich Jogja Hotel.

Advertisement

Fandi Sutanto selaku Public Relation Jogja City Mall menyampaikan selain melibatkan petugas keamanan, kegiatan simulasi bencana gempa bumi ini juga melibatkan “Penggiat Resiko Bencana”.

Simulasi gempa bumi tersebut dipusatkan di lantai dua dan area drop off yang merupakan salah satu assembly point ketika terjadi bencana. Sebelumnya, peserta diberi pengarahan mengenai cara menyelamatkan diri ketika bencana gempa bumi.

“Simulasi yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB ini juga menyertakan beberapa reka korban seperti, korban dengan patah tulang kaki, patah tangan, luka bakar ringan, luka bakar serius, dan serta luka yang ditimbulkan karena adanya material yang menimpa korban,” terangnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja terima pada Senin (14/8/2017).

Advertisement

Jogja City Mall saat ini menyediakan empat pintu darurat yang berada di setiap sisi gedung, serta saat ini dengan secara berkala melakukan pengecekan terhadap segala peralatan pengendali bencana.

Setelah kegiatan, peserta berkumpul di titik temu untuk melakukan evaluasi dari Penggiat Risiko Bencana, Agus.

“Simulasi serta edukasi yang diberikan seperti penanganan pertama terhadap kejadian serta kasus ringan yang dialami orang di sekitar, seperti penanganan pertama terhadap orang yang mengalami gangguan pernapasan, mimisan, kram, pingsan, dan lainnya,” terangnya.

Advertisement

Kegiatan simulasi rutin digelar Jogja City Mall. Program ini perlu dilakukan karena Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang termasuk rawan mengalami gempa bumi. Upaya ini diharapkan dapat mendorong karyawan menjadi pionir keselamatan untuk pengunjung Jogja City Mall.

“Karena nantinya akan menjadi garda depan apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Karyawan Jogja City Mall dan The Rich Jogja Hotel dapat membantu pengunjung untuk menuju jalur evakuasi,” paparnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif