Soloraya
Minggu, 13 Agustus 2017 - 14:15 WIB

500 Caprasis TNI AU Latihan Tempur di Lapangan Lanud Adi Soemarmo

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon prajurit siswa Sekolah Pertama Tamtama (Caprasis Semata) TNI Angkatan Udara angkatan 73 mengikuti latihan halang rintang di lapangan halang rintang Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Jumat (11/8/2017). (Istimewa)

Para caprasis semata mengikuti latihan tempur.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 500 calon prajurit siswa Sekolah Pertama Tamtama (Caprasis Semata) TNI AU angkatan ke-73 dari Skadron Pendidikan (Skadik) 404 Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, mengikuti latihan tempur. Materi latihan antara lain halang rintang (HR).

Advertisement

“Materi halang rintang ini merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh Caprasis, guna melatih kemampuan dalam mengatasi rintangan, nantinya setelah menjadi prajurit dan bertugas di medan tempur,” ujar Danskadik 404 Letkol (Nav.) Ali Sudirman Pasaribu dalam siaran pers yang diterima Jumat (11/8/2017).

Menurut dia latihan dasar halang rintang merupakan latihan militer bagi calon prajurit TNI AU, dengan menggunakan perlengkapan senjata, melewati berbagai macam rintangan yang harus diselesaikan oleh calon prajurit siswa dengan waktu yang telah ditentukan.

Sebelum praktik di lapangan, papar dia, para siswa telah dibekali teori di kelas, dan sekarang tinggal mengaplikasikan di lapangan. Mereka dibimbing dan diawasi pelatih dangan tetap mengutamakan keamanan, baik personel maupun material.

Advertisement

Danskadik 404 juga menyampaikan HR dapat menambah semangat juang bagi calon prajurit, melatih kekompakan dan ketelitian, serta melatih sportivitas dan jiwa korsa dengan sesama prajurit.

Dia menjelaskan pendidikan dasar militer Caprasis tamtama TNI AU angkatan ke-73 ini, dilaksanakan selama lima bulan di Skadik 404. Ada 914 jam pelajaran (JP) yang harus ditempuh Caprasis selama pendidikan, 11 JP sendiri diberikan materi pelajaran HR.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif