Soloraya
Sabtu, 12 Agustus 2017 - 17:00 WIB

SENI BUDAYA SOLO : Kelurahan Jebres Juarai Festival Hadrah Kecamatan

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kelompok Hadrah Nurjannah Al Mukaramah asal Kelurahan Jebres menjadi juara I dalam Festival Hadrah Tingkat Kecamatan Jebres 2017, Jumat (11/8/2017). (Istimewa)

Tim hadrah Kelurahan Jebres memenangi festival hadrah tingkat kecamatan.

Solopos.com, SOLO — Tim hadrah Nurjannah Al Mukaramah dari Kelurahan Jebres meraih juara I dalam Festival Hadrah tingkat Kecamatan Jebres 2017 yang diselenggarakan di halaman depan kantor kecamatan setempat, Jumat (11/8/2017) petang hingga malam.

Advertisement

Festival tersebut baru kali pertama digelar Pemerintah Kecamatan Jebres. Juara II diraih tim hadrah Kelurahan Mojosongo. Kemudian juara III didapatkan tim hadrah Kelurahan Sewu. Tim hadrah Kelurahan Gandekan menyusul sebagai juara harapan I. Sedangkan tim favorit diraih tim hadrah Kelurahan Pucangsawit.

Kelompok Hadrah Nurjannah Al Mukaramah sebelumnya sudah eksis dibentuk Lembaga Pendidikan dan Pengamalan Agama (LP2A) Jebres. Ketua tim hadrah tersebut, Diah Purnami Bekti, saat ditemui Solopos.com di rumahnya di Gendingan, Jebres, Sabtu (12/8/2017), mengatakan bersyukur timnya menjadi juara I.

Selanjutnya, timnya akan menyajikan seni hadrah sebagai pembuka Jebres Bersalawat bersama Habib Syech, Senin (21/8/2017) malam. “Tadi beli kain untuk buat kostum. Karena tema salawatnya Doa untuk Negeri, kami menyesuaikan dengan kostum merah putih. Ini sudah masuk penjahit. Insya Allah Senin sudah siap,” papar dia.

Advertisement

Ia mengaku bangga dengan rekan-rekan di tim hadrahnya. Selama masa persiapan, para ibu rumah tangga itu selalu antusias berlatih.

“Dengan kebersamaan, akhirnya kami mendapatkan nominasi. Daya ingat mereka bagus. Penampilan kami sebenarnya agak susah karena dikombinasikan dengan gerakan seperti tari asal Aceh,” kata dia.

Untuk mempersiapkan penampilan dalam Jebres Bersalawat, mereka setidaknya masih akan latihan dua kali lagi. Menurutnya, mereka akan menampilkan lebih banyak lagu. “Kegiatan hadrah ini bisa merekatkan ukhuwah,” katanya.

Advertisement

Lurah Sewu, Henoch Sadono, menyatakan kelurahannya mengirim kelompok hadrah Bintang Songo. Ia menilai titel juara III bisa menjadi tonggak kebangkitan generasi muda untuk lebih peduli pada lingkungan.

“Semoga religiusitas warga juga meningkat,” ungkapnya kepada Solopos.com, Sabtu.

Sementara itu, Camat Jebres, Tamso, mengatakan festival hadrah itu diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan persatuan warga. Selain itu, ia berharap senandung salawat bisa memberi kesejukan untuk seluruh wilayah Kecamatan Jebres.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif