Sport
Sabtu, 12 Agustus 2017 - 09:25 WIB

LIGA 2 : Sebagian Banding Diterima PSSI, Persis Naik Peringkat ke-2

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain depan Persis Solo, Rudiyana (kanan) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Sragen United dalam kompetisi Liga 2 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (30/7). (JIBI/Solopos/M. Ferri Setiawan)

Liga 2 diwarnai dengan sebagian banding Persis Solo diterima PSSI.

Solopos.com, SOLO – Sehari jelang dimulainya laga melawan Persipur Purwodadi di Stadion Manahan, Persis Solo mendapat angin segar dari Komisi Banding PSSI. Induk organisasi sepak bola Tanah Air itu menganulir sebagian sanksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin PSSI atas insiden keributan suporter saat Persis Solo bertandang ke markas PSIR Rembang pada Minggu (16/7/2017) lalu.

Advertisement

Dalam salinan keputusan No. 05/KEP/KB/LIGA2/VIII/2017 yang diterima Solopos.com, Sabtu (12/8/2017) dini hari, disebutkan disebutkan Komisi Banding mengadili dan memutuskan menerima sebagian permohonan banding No. 059/PERSIS-SOLO-LIB/VII/2017 tertanggal 3 Agustus 2017.

Kedua suporter dinyatakan terbukti bersalah karena terlibat saling lempar hingga terjadi kericuhan dan masuknya penonton ke lapangan yang mengakibatkan pertandingan tidak bisa dilanjutkan.

PSSI mengubah keputusan Komdis No. 0274/L2/SK/KD-PSSI/VII/2017 tentang Tingkah Laku Buruk Persis Solo tertanggal 27 Juli 2017. PSSI memerintahkan agar pertandingan PSIR Rembang melawan Persis Solo dilanjutkan dari menit ke-50 di tempat netral tanpa dihadiri penonton.

Advertisement

Persis Solo tetap dikenai sanksi denda senilai Rp100 juta yang wajib dibayarkan paling lambat Rabu (23/8/2017) mendatang.

“Dengan diterimanya sebagian permohonan banding kami, maka Persis Solo baru memainkan sembilan pertandingan karena laga melawan PSIR Rembang akan dilanjutkan di tempat netral. Dengan begitu, Persis Solo tidak jadi kalah walk out (0-3) atas PSIR Rembang. Persis Solo juga terbebas sanksi pengurangan tiga poin karena dalam putusan Komisi Banding PSSI tidak disebutkan bagian itu,” terang Sekretaris Jenderal Persis Solo Langgeng Jatmiko kala saat dihubungi Solopos.com, Sabtu pagi.

Diterimanya sebagian banding itu membuat Persis Solo naik dari peringkat tiga ke peringkat dua klasemen sementara dengan raihan 23 poin. Persis hanya terpaut dua poin dari PSIS Semarang yang memuncaki klasemen sementara. Namun, PSIS Semarang sudah menjalani 10 pertandingan. Posisi PSIR Rembang otomatis merosot dari peringkat dua ke peringkat tiga dengan raihan 18 poin. Poin PSIR Rembang dikurang 3 lantaran kemenangan WO dengan skor 3-0 atas Persis Solo dibatalkan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif