Jogja
Sabtu, 12 Agustus 2017 - 19:20 WIB

KAMPUS JOGJA : Ratusan Dosen UPN Diasramakan, Ini Tujuannya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - UPN Veteran Yogyakarta (IST UPN Veteran)

Kampus Jogja UPN Veteran Jogja memiliki kebijakan khusus untuk dosen.

Harianjogja.com, SLEMAN –  Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogja menggelar pelatihan bela negara bagi ratusan dosen dengan diasramakan dan dididik langsung oleh instruktur dari kalangan TNI di AAU, Jumat (11/8/2017) hingga Sabtu (12/8/2017).

Advertisement

Rektor UPN Prof. Sari Bahagiarti menjelaskan kegiatan itu sebagai penyegaran kembali bagi para dosen dan tenaga kependidikan UPN Veteran tentang nilai bela negara. Mengingat sesuai amanah dari Kementrian Pertahanan, meski UPN dialihstatuskan sebagai PTN di bawah Kemenristek Dikti diminta mengembangkan diri sebagai kampus bela negara. Kegiatan itu sebagai salahsatu rangkaian mempersiapkan diri untuk implementasi dari nilai bela negara di Kampus UPN.

“Kalau mahasiswa kami didik, kami berikan pengembangan karakter bela negara, maka para pendidiknya pun harus mendapatkan pelatihan atau penyegaran tentang nilai bela negara dan implementasinya. Kami bekerjasama dengan AAU dalam pelatihan selama dua hari penuh, dosen menginap di sini [asrama AAU],” jelasnya, Jumat (11/8/2017).

Kegiatan pelatihan tersebut, lanjut dia, merupakan gelombang pertama dengan jumlah 400 orang yang didominasi dosen. Gelombang kedua yang juga akan segera digelar diikuti sebagian besar karyawan dan beberapa dosen yang tidak bisa mengikuti di gelombang pertama. Diharapkan dosen bisa memberikan transfer ilmu bela negara yang didapat kepada mahasiswa. Sari mengakui, giat pelatihan penyegaran bela negara itu merupakan pertamakalinya digelar.

Advertisement

“Kalau sebelumnya, hanya setiap dosen baru kami kirim untuk melaksanakan pelatihan di Rindam Diponegoro,” tegasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif