JIBIPhoto
Mobil biodegradable buatan mahasiswa di Belanda. (Istimewa/Sky News)

Alternatif Baru, Kini Muncul Mobil Berbahan Bakar Gula

Mahasiswa di universitas terkemuka  Belanda merancang mobil biodegradable dengan bahan bakar gula bit.

Solopos.com, ENDHOVEN – Mobil dengan bahan bakar alternatif sedang menjadi tren beberapa tahun terakhir. Seolah mengonfirmasi hal ini, Eindhoven University of Technology Belanda merancang sebuah mobil biodegradable ramah lingkungan dengan bahan bakal gula bit.

Mobil elektrik yang ringan ini diciptakan oleh mahasiswa Belanda dengan bahan bakar resin yang berasal dari gula bit. Sementara badan mobil dilapisi dengan lembaran rotan Belanda.

“Hanya bagian roda dan suspensinya yang tidak dibuat dari material biodegradable,” kata Yanic van Riel, Eindhoven University of Technology seperti dikutip dari Reuters, (11/8/2017).

Struktur mobil yang mereka sebut Lina memiliki rasio kekuatan berat yang serupa dengan fiberglass dengan berat hanya 310 kg.

Namun, prototype yang dibuat belum berhasil melewati uji tabrakan karena material yang dipakai tidak akan melengkung seperti baja, tetapi akan hancur.

Rencana penurunan polusi udara dan perubahan iklim telah membuat para perusahaan otomotif untuk merancang desain alternatif, tetapi masih terganjal dengan produksi energinya. “Mobil yang hemat energi masih banyak membutuhkan banyak biaya saat tahapan produksi,” ujarnya

Usai memdapatkan izin dari otoritas kendaraan Belanda, tim Eindhoven University of Technology akan segera melakukan test drive pada tahun ini.

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

Samsung Bikin Kamera 360 Derajat dengan 17 Lensa!

JIBIPhoto

INOVASI TEKNOLOGI
Informasi di Internet Kini Bisa Diakses saat Offline

JIBIPhoto

Belanda Bakal Larang Mobil Bensin dan Diesel

JIBIPhoto

Inovasi Baru! Rumah Sakit di China Pakai Robot Buat Gantikan 4 Suster

JIBIPhoto

Ilmuwan AS Bikin Sistem Keamanan Komputer dengan Pemindai Detak Jantung

JIBIPhoto

Di Polandia, KTP Elektronik Bakal Langsung Terhubung Telepon

JIBIPhoto

Taksi Terbang Volocopter Mulai Beroperasi di Dubai