Teknologi
Jumat, 11 Agustus 2017 - 09:10 WIB

TAHUKAH ANDA? : Ilmuwan Jepang Temukan Es Krim Anti-leleh

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Es krim anti-cair (Odditycentral.com)

Tahukah Anda? Ilmuwan Jepang berhasil menemukan es krim anti-leleh.

Solopos.com, SOLO – Es krim yang meleleh di tangan saat disantap tentu amat menjengkelkan. Kandungan gula dan susu dalam penganan manis itu membuat tangan terasa lengket.

Advertisement

Untuk menyiasati hal itu, sejumlah ilmuwan di Jepang membuat inovasi es krim anti-leleh. Sejumlah peneliti dari Biotheraphy Development Research Center Co di Kanagawa, Jepang, berhasil membuat es krim yang mampu bertahan dalam waktu lama. Menariknya, es krim ini ditemukan dengan cara yang tak terduga.

Pusat penelitian itu meminta seorang koki pastry membuat kembang gula dari bahan polifenol yang diekstrak dari buah stroberi. Tapi, cairan itu mengental tiap kali dicampur dengan krim susu. Menurut sang koki, adonan itu menjadi sangat keras dan tidak cocok dipakai sebagai bahan kembang gula yang lembut.

Berawal dari percobaan itu, para ilmuwan lantas menemukan ide cemerlang untuk membuat es krim. Mereka memakai cairan polifenol sebagai bahan campuran es krim agar tak meleleh dalam waktu singkat.

Advertisement

“Cairan polifenol memiliki kandungan yang mengikat air dan minyak lebih kuat. Jadi, es krim yang mengandung cairan itu akan tetap beku dalam waktu lama,” tutur Tomihisa Ota, seorang peneliti dari Kanazawa University seperti dikutip Solopos.com dari Oddity Central, Kamis (10/8/2017).

Es krim unik yang diberi nama Kanazawa Ice ini mampu bertahan di bawah terik matahari sekitar tiga jam. “Es krim ini tidak akan mencair meski berada di bawah terik matahari selama tiga jam. Dalam percobaan yang kami lakukan, es krim ini akan cepat meleleh saat terpapar panas alat pengering rambut bersuhu 28 derajat selsius selama lima menit,” terang Takeshi Toyoda, pimpinan pusat penelitian itu. 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif