Teknologi
Rabu, 9 Agustus 2017 - 13:10 WIB

Mozilla Bawa Teknologi VR ke Firefox

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Oculus Rift Facebook

Web-based VR di Firefox akan bisa dicoba oleh pengguna OS Windows dan memiliki headset VR seperti Oculus Rift atau HTC Vive.

Solopos.com, SOLO – Setelah diperbarui pada Juni 2017, Mozilla bakal membawa teknologi virtual reality (VR) di Firefox versi terbaru. Rencananya fitur tersebut akan tersedia di peramban versi 55 dan digulirkan mulai hari ini.

Advertisement

Dikutip dari The Verge, Rabu (9/8/2017), web-based VR di Firefox akan bisa dicoba oleh pengguna OS Windows dan memiliki headset VR seperti Oculus Rift atau HTC Vive.

Sebenarnya Mozilla telah mengembangkan fitur tersebut selama beberapa waktu belakangan ini. Mozilla menggunakan sebuah standar pemrograman yang disebut WebVR. Dengan program tersebut, pengguna browser Firefox bisa menyelami dunia realitas maya.

Sebelumnya program tersebut telah diuji coba pada Forefox Nightly, yakni versi pra-rilis browser Mozilla dan memiliki ketersediaan secara terbatas. Browser tersebut dirancang oleh pengembang pribadi dan disokong oleh Mozilla.

Advertisement

Mozilla saat ini juga dilaporkan sedang mengembangkan sebuah tool bernama Forefox Screenshot yang masih dalam tahap uji coba. Dengan fitur tersebut pengguna dapat mengambil gambar layar yang tersimpan di cloud.

Pengguna dapat menyimpan hasil screenshot selama dua pekan sebelum akhirnya akan terhapus secara otomatis. Namun pengguna juga masih bisa menyimpannya dengan pengaturan manual agar bisa bertahan lama.

Meski tergolong baru di Mozilla, fitur penampil realitas maya sebenarnya telah lebih dahulu hadir di kompetitornya, Chrome. Peramban milik Google itu telah lebih dahulu memiliki dukungan VR pada Februari 2017.

Advertisement

Dengan bantuan VR, pengguna Chrome tak hanya dapat menggunakan headset HTC Vive atau Oculus Rift, namun juga Google Cardboard dan Google Daydream.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif