News
Selasa, 8 Agustus 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 8 Agustus

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Simbol ASEAN dengan 10 negara anggota. (Asean.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 8 Agustus, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 8 Agustus. Dihimpun dari Thepeioplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 8 Agustus.

Advertisement

1220
Pertempuran Lihula meletus di Benteng Lihula, Estonia melibatkan pasukan Estonia dan pasukan Swedia. Pasukan Swedia yang sebelumnya telah menguasai Lihula, dikepung pasukan Estonia yang lantas membakar Benteng Lihula. Pengepungan itu mengakibatkan pasukan Swedia mengalami kekalahan. Sebanyak 450 hingga 500 orang Swedia di dalam benteng tewas terbakar.

1918
Pertempuran Amiens antara pasukan Sekutu dan pasukan Jerman meletus di sebelah timur Amiens, Picardy, Prancis. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia I itu berlangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu.

Advertisement

1918
Pertempuran Amiens antara pasukan Sekutu dan pasukan Jerman meletus di sebelah timur Amiens, Picardy, Prancis. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia I itu berlangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu.

Ferdinand Adolf Heinrich August Graf von Zeppelin. (Britannica.com)

1929
Kapal udara milik Jerman, Graf Zeppelin, memulai perjalanannya keliling dunia. Perjalanan pertamanya dimulai dari Lakehurst, New Jersey, Amerika Serikat (AS) dan mendarat di Friedrichshafen, Jerman. Graf Zeppelin lantas terbang ke Jepang dan kemudian melintasi Samudera Pasifik untuk menuju Los Angeles, AS. Setelah menempuh perjalanan panjang selama 12 hari 11 jam, Graf Zeppelin mendarat di lokasi awal pemberangkatannya di Lakehurst, New Jersey, AS.

Advertisement

1967
Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand bersepakat membentuk Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara). Kini, ASEAN memiliki 10 negara anggota. Selain negara pendiri tersebut, negara anggota ASEAN antara lain Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Richard Nixon. (Usnews.com)

1974
Presiden Amerika Serikat (AS) Richard Nixon mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya sebagai presiden dalam pidato yang disiarkan televisi nasional. Sehari kumudian, jabatan Nixon sebagai presiden AS resmi dilepas. Nixon mengundurkan diri setelah beredar kabar bahwa Kongres akan segera memakzulkan dirinya setelah terlibat beberapa kasus. Hal itu menjadikan Nixon sebagai satu-satunya presiden AS yang mengundurkan diri jabatannya.

Advertisement

Roger Federer. (Queenoftickets.com)

1981
Roger Federer lahir di Basel, Swiss. Kini, ia dikenal luas sebagai salah satu pemain tenis terbaik di dunia. Federer adalah pemegang rekor gelar Grand Slam tunggal putra terbanyak sepanjang sejarah dengan 19 gelar.

1998
Konsulat Iran di Mazari-Sharif, Afganistan diserang beberapa orang anggota kelompok Taliban. Serangan tersebut menewaskan 10 diplomat Iran dan seorang wartawan.

Advertisement

2010
Tanah longsor dan banjir lumpur mendera kawasan Zhugqu, Gansu, Tiongkok. Bencana tersebut mengakibatkan sekitar 14.000 orang kehilangan nyawa mereka.

2016
Rumah sakit milik pemerintah Pakistan di Quetta, Pakistan didera serangan teroris yang melakukan serangkaian penembakan dan meledakkan bom bunih diri. Serangan itu menewaskan sekitar 70 hingga 94 orang, dan melukai sekitar 130 lainnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 5 Agustus

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif