Teknologi
Senin, 7 Agustus 2017 - 20:45 WIB

Malam Ini Gerhana Bulan, Umat Muslim Disunahkan Salat Khusuf

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tata cara salat gerhana bulan (Kemenag Binmas Islam)

Umat muslim disunahkan salat gerhana bulan malam ini.

Solopos.com, SOLO – Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melansir hasil obvervasinya gerhana bulan sebagian (GBS) akan terjadi pada Senin (7/8/2017) atau bertepatan dengan 15 Dzulqa’dah 1438 H. Fenomena alam ini diperkirakan berlangsung hingga Selasa (8/8/2017) dini hari.

Advertisement

Lembaga Falakiyah PBNU sebagaimana dilansir situs Nu.or.id, mengklasifikasi berlangsungnya gerhana bulan sebagian ini dalam lima fase. Pertama, tahap awal penumbra yang akan berlangsung pada pukul 22.50:01 WIB; kedua, tahap awal GBS yang dimulai pada pukul 00:22:55 WIB (8 Agustus 2017); ketiga, pertengahan GBS (pukul 01:20:37 WIB); keempat tahap akhir GBS (pukul 02:18:19 WIB); kelima, akhir penumbra (pukul 03:51:13 WIB).

Secara astronomis, GBS akan terlihat di Indonesia. Umat Islam yang melihat gerhana tersebut dalam rentang fase kedua sampai fase keempat disunahkan melaksanakan salat gerhana bulan (khusuful qamar). Tata cara shalat gerhana bulan sama dengan tata cara salat gerhana matahari.

Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ghazalie Masroeri mengatakan, fenomena gerhana baik matahari maupun bulan adalah fenomena alam sebagai bukti kekuasaan Allah. Karena itu, mengamati peristiwa gerhana dapat meningkatkan keimanan.

Advertisement

“Lembaga Falakiyah NU mengajak kepada umat untuk melakukan pengamatan peristiwa GBS. Kemudian menyikapinya dengan zikir, ibadah, dan amal saleh,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (25/7/2017).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif