Soloraya
Senin, 7 Agustus 2017 - 12:15 WIB

HUT RI : Lapangan untuk Pasar Darurat, Pawai Budaya Baturetno Urung Digelar

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pekerja membangun Pasar Ir. Soekarno, Baturetno, Wonogiri, Rabu (2/8/2017). (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)

Pawai Budaya Baturetno tak digelar tahun ini.

Solopos.com, WONOGIRI — Pawai Budaya Baturetno yang biasanya diadakan setiap tahun untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI, tahun ini tidak digelar. Hal itu dikarenakan adanya proyek pembangunan Pasar Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

Advertisement

Camat Baturetno, Teguh Setiyono, mengatakan Pawai Budaya Baturetno tidak digelar karena tempat start pawai yakni Lapangan Baturetno sementara ini menjadi pasar darurat Pasar Baturetno.

“Dengan sangat terpaksa tahun ini Pawai Budaya Baturetno ditiadakan karena memang kondisional tidak memungkinkan karena tempat start pawai sekarang digunakan untuk pasar darurat. Padahal, pasar darurat sesuai target masih digunakan hingga 4 Desember nanti,” ujarnya di kantornya, Rabu (2/8/2017).

Menurut dia, tidak ada tempat lain yang lebih representatif untuk menggantikan Lapangan Baturetno. Sebab, pawai tersebut biasanya diikuti sebanyak 6.000 peserta dari berbagai instansi dan masyarakat.

Advertisement

“Ada tempat lain, tetapi jaraknya jauh dari pusat kota sehingga tidak memungkinkan. Pesertanya biasanya berasal dari 23 desa, 20 perbankan atau lembaga keuangan, tujuh SMA dan sederajat, tujuh SMP dan sederajat, SD, TK, dan masyarakat umum,” imbuhnya.

Selain itu, pawai yang biasa digelar pada tanggal 18 dan 19 Agustus setiap tahun itu dikhawatirkan mengganggu proses pembangunan Pasar Baturetno. Sebab, saat pawai puncak kemacetan selalu terjadi di Perempatan Baturetno dekat Pasar Baturetno.

“Setiap tahun terjadi kemacetan parah di perempatan saat ada pawai, tetapi dimaklumi semua pihak. Pawai Budaya Baturetno mulai diadakan setiap tahun sejak empat tahun lalu, sebelumnya hanya dua tahun sekali,” terangnya.

Advertisement

Meski Pawai Budaya Baturetno 2017 tidak digelar, Teguh sudah menyiapkan berbagai agenda lain untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan RI, antara lain Voli SMP (9/8/2017), Voli SMA (10/8/2017), Voli Desa (13/8/2017), Lari Estafet SD, SMP, SMA (11/8/2017), Lomba antar instansi (10/8/2017), MTQ pelajar dan umum (13/8/2017), Pengobatan Terapi Gratis (11/8/2017) dan kegiatan lainnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif