Teknologi
Sabtu, 5 Agustus 2017 - 07:10 WIB

HASIL PENELITIAN : Tiup Lilin di Kue Tar Ulang Tahun Ternyata Berbahaya

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kue tar ulang tahun dengan lilin (Pinterest)

Hasil penelitian menyebutkan tradisi meniup lilin di kue ulang tahun ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Solopos.com, SOLO – Ulang tahun tak bisa dipisahkan dengan tradisi meniup lilin di atas kue tar. Tapi tahukah Anda? Berdasarkan penelitian, meniup lilin di kue tar ternyata berdampak negatif bagi kesehatan.

Advertisement

Para ilmuwan dari Clemson University di Amerika Serikat sebagaimana dilansir Antara dari Times of India, Jumat (4/8/2017), menemukan tradisi populer bahkan meningkatkan bakteri pada lapisan gula kue hingga 1,4 persen.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Food Research itu diketahui bioaerosols dalam napas manusia dapat menjadi sumber bakteri yang kemudian ditransfer ke permukaan kue.

Hasil ini didapat setelah peneliti menguji perpindahan aerosol ke kue, dan bahkan tersebar merata di lilin ulang tahun. Peneliti meminta para partisipan memadamkan lilin dengan cara meniupnya.

Advertisement

Sebelum itu mereka meminta partisipan mengonsumsi pizza. Tim lalu melakukan pengujian untuk menentukan tingkat kontaminasi bakteri.

“Tradisi meniup lilin ulang tahun memiliki teori yang berbeda. Ada yang berteori praktik ini dimulai di Yunani Kuno, dan terkait dengan membawa kue dengan lilin menyala ke kuil dewi Artemis,” kata para peneliti.

“Budaya kuno lainnya percaya asap dari lilin bisa mewujudkan keinginan dan doa-doa mereka kepada para dewa,” imbuh mereka.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif