Lifestyle
Selasa, 1 Agustus 2017 - 11:31 WIB

TIPS KEUANGAN : Kartu Debit Vs Kredit, Pilih Mana?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu debit. (Pictagram)

Tips keuangan kali ini tentang perbedaan kartu debit dan kredit.

Solopos.com, SOLO – Belakangan ini, transaksi non-tunai semakin digemari masyarakat, khususnya yang bermukim di kota besar. Hal ini terjadi lantaran dianggap lebih praktis dan aman. Dengan adanya kartu kredit dan debit, Anda bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah dan cepat.

Advertisement

Sayangnya, masih banyak masayarakat yang tak mengerti perbedaan dua kartu itu. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika iya, simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Investopedia, Jumat (28/7/2017) berikut ini:

Kartu debit

Kebanyakan orang menganggap kartu debit dan ATM sama. Padahal, keduanya jelas sangat berbeda. Perbedaannya terletak pada fungsinya. Kartu ATM diberikan oleh bank untuk memudahkan Anda menarik uang secara tunai. Sementara kartu debit dibuat khusus untuk memudahkan transasksi non-tunai di berbagai pusat perbelanjaan yang uangnya bersumber dari rekening tabungan.

Advertisement

Cara penggunaan kartu debit pun sangat mudah. Anda hanya perlu menggesek kartu tersebut di mesin electronic data capture (EDC) yang tersedia. Setelah itu, saldo dalam tabungan Anda otomatis akan terpotong sesuai dengan total biaya yang harus dibayar.

Kartu kredit

Berbeda dari dua kartu sebelumnya, ini merupakan jenis yang paling hits dan banyak dipakai masyarakat modern. Anda tidak harus memiliki rekening tabungan di bank tempat Anda mengajukan pembuatan kartu kredit.

Advertisement

Fungsi kartu ini hampir sama dengan debit. Bedanya, kartu ini tidak memiliki saldo. Jadi, jika berbelanja menggunakan kartu ini sama artinya berhutang dengan bank. Total hutang itu nantinya ditagih setiap bulan. Kendati demikian, kartu ini tetap diminati karena memberi berbagai kemudahan, salah satunya saat belanja online.

Nah, itulah sekelumit perbedaan kartu debit dan kredit yang wajib Anda ketahui. Anda tetap bisa menikmati kemudahan belanja dengan kartu kredit tanpa harus memiliki rekening di bank. Saat ini, ada banyak bank yang menawarkan pembuatan kartu kredit, salah satunya Bank BNI.

Kartu kredit BNI ini dapat dipakai untuk berbagai macam keperluan. Anda bisa mengajukan pembuatan kartu kredit dengan mudah dan cepat lewat Cekaja.com. Anda bisa mendapat potongan harga spesial dan penawaran menarik lain dengan pengajuan kartu kredit BNI secara online lewat Cekaja.com. Lewat situs ini Anda bebas memilih beragam kartu kredit sesuai kebutuhan dengan cepat dan mudah. Tunggu apalagi, yuk segera buat kartu kreditmu di Cekaja.com. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Tips keuangan, manfaat kartu kredit, belanja online, kartu kredit BNI, Cekaja.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif