Lifestyle
Senin, 31 Juli 2017 - 07:06 WIB

TIPS KEUANGAN : Pengin Beli Rumah Idaman Tapi Gaji Pas-Pasan? Ini Solusinya

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah idaman (Pinterest)

Tips keuangan kali ini tentang cara membeli rumah idaman bagi yang memiliki gaji pas-pasan.

Solopos.com, SOLO – Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian bagi banyak orang. Sayangnya,  harga rumah yang ditawarkan saat ini cukup mahal bila harus dibeli kontan. Apalagi harga properti itu selalu meningkat setiap tahun sementara gaji karyawan yang pas-pasan tentu tak akan pernah cukup membelinya.

Advertisement

Hal ini membuat sebagian orang tak yakin, hingga lebih memilih mengontrak daripada mebeli rumah. Padahal, tentu akan lebih nyaman rasanya jika tinggal di rumah sendiri, bukan? Tapi, jangan langsung putus asa.

Anda tetap bisa membeli rumah impian jika mengelola keuangan dengan baik. Mau tahu bagaimana cara atur keuangan agar bisa membeli rumah idaman? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari CNN, Jumat (28/7/2017) berikut ini:

Advertisement

Anda tetap bisa membeli rumah impian jika mengelola keuangan dengan baik. Mau tahu bagaimana cara atur keuangan agar bisa membeli rumah idaman? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari CNN, Jumat (28/7/2017) berikut ini:

Menabung

Uang tabungan menjadi modal yang sangat penting bagi kehidupan. Anda bisa memakai uang dalam tabungan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya membeli rumah. Nah, mulai sekarang sisihkan gaji yang diterima setiap bulan demi membeli rumah idaman.

Advertisement

Sebelum membeli rumah, Anda tentu harus menentukan lokasi yang tepat. Biasanya, lokasi rumah yang strategis di jantung kota harganya lebih mahal. Misalnya, rumah mini tipe 36 di sebuah perumahan biasa dibanderol seharga Rp200 juta-350 juta. Sementara jika mencari yang lebih besar tentu harganya makin mahal. Sebaiknya pertimbangkanlah harga dan lokasi rumah yang hendak dibeli.

Ajukan KPR

Setelah menemukan rumah yang diinginkan, Anda bisa mengambil uang ditabungan untuk membelinya. Tapi, terkadang uang yang Anda kumpulkan selama bertahun-tahun itu masih belum cukup. Jangan khawatir, Anda tetap bisa memiliki rumah idaman tanpa perlu menguras tabungan.

Advertisement

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR). Saat ini ada banyak bank yang menawarkan KPR dengan cepat dan mudah. Kredit yang satu ini sangat membantu meringankan beban biaya yang ditanggung seseorang saat hendak membeli rumah idaman. Anda cukup membayar uang muka sekitar 20 persen kepada bank yang dituju. Selanjutnya, Anda tinggal menjalankan kredit dengan mengangsur biaya sisanya.

Biasanya bank yang menawarkan kredit ini selalu memperomosikan suku bunga rendah, seperti KPR BTN. Bank BTN menyediakan KPR bersubsidi hanya dengan bunga sebesar lima persen sepanjang jangka kredit dengan uang muka mulai dari satu persen.

Enggak percaya? Anda bisa melihat tawaran KPR BTN lewat situs Cekaja.com. Situs ini memberikan informasi lengkap tentang segala jenis KPR yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Jadi, tunggu apalagi, mau punya rumah idaman, ingat Cekaja.com.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif