Lifestyle
Sabtu, 29 Juli 2017 - 14:15 WIB

TIPS KECANTIKAN : Catat! Kulit Wajah Kering Bukan Jaminan Bebas Jerawat

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jerawat pada wajah (Stylecraze.com)

Tips kecantikan ini tentang kondisi kulit wajah yang cenderung kering.

Solopos.com, JAKARTA — Kulit wajah kering bukan jaminan bebas dari jerawat. Anggapan yang selama ini beredar bahwa kulit wajah kering bisa membebaskan seseorang dari jerawat ternyata salah besar.

Advertisement

“Kering tidak jerawatan? Itu sesuatu berbeda. Kelenjar minyak yang bisa menjadi sumber jerawat itu ada di akar rambut. Sementara air berada di lapisan kulit,” ujar dokter spesialis kulit dan kelamin dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb Sp. KK (K), di Jakarta, Rabu (26/7/2017)

Bisa saja, tambah dia, kulit tidak memiliki persediaan air yang cukup tetapi kelenjar minyaknya cukup untuk membuat jerawat.

Advertisement

Bisa saja, tambah dia, kulit tidak memiliki persediaan air yang cukup tetapi kelenjar minyaknya cukup untuk membuat jerawat.

Dia menambahkan jerawat yang biasanya muncul di sekitar dagu itu, pada dasarnya disebabkan berbagai macam proses yang menganggu kelenjar minyak pada kulit.

Selain karena faktor hormonal, jerawat juga bisa dipicu stres, gaya hidup tak sehat seperti banyak mengonsumsi makanan mengandung minyak dan kurang tidur.

Advertisement

“Nurul mengatakan kulit kering bisa langsung terasa dari teksturnya yang seperti kertas. Lalu saat mencuci wajah, tiba-tiba terasa panas,” beber dia.

Dalam kondisi yang lebih buruk lagi, kulit kering bisa berubah menjadi sangat kering. Tandanya kulit menjadi pecah-pecah misalnya di bagian tumit, sikut dan lutut.

“Kulit sangat kering itu tandanya mengelupas, kulitnya pecah-pecah, tumit, lutut, siku. Itu sudah taraf ekstra kering,” tutur Nurul.

Advertisement

Selain itu, bila kulit terasa gatal setelah mengelupas lalu memerah, tandanya kondisi kulit sudah lebih gawat.

“Kalau sudah mudah gatel, tandanya kerusakan tingkat tinggi setelah kering. Apalagi sudah merah, pembuluh darah sudah terusik lingkungan,” kata Nurul.

Dia menyarankan si pemilik kulit kering agar memenuhi asupan cairan harian sehari-hari dan menggunakan pelembap terutama bila kulit terasa sangat kering.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif